Notification

×

Iklan

Iklan

Voting Warnai Persetujuan Pertanggungjawaban APBD Bupati Samosir, Fraksi PDI-P Walk-Out

26 Jul 2023 | 23:20 WIB Last Updated 2023-07-26T16:31:04Z

 

Suasana Voting Rapat Paripurna DPRD Samosir pada pembahasan dan persetujuan bersama Ranperda menjadi Perda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2022.

GREENBERITA.com- Rapat paripurna DPRD Kabupaten Samosir tentang pembahasan dan persetujuan bersama atas Ranperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun anggaran 2022 diwarnai Aksi Voting pada Rabu, 28 Juli di Kantor DPRD Samosir, Parbaba Pangururan, Sumatera Utara.


Aksi Voting atau pemungutan suara itu terpaksa dilakukan ketika tim perumus kebijakan antar fraksi tidak mencapai kata musyawarah untuk mufakat.


Namun ketika proses Voting hendak dilaksanakan, juru bicara Fraksi PDI-P Samosir Maringan Naibaho menyatakan Walk-Out atau keluar dari ruangan.


"Ijin Ketua, sebelum dilakukan voting ini, kami dari Fraksi PDI-P menyatakan Walk-Out," ujar Maringan Naibaho.


Pimpinan DPRD Samosir dan Unsur Muspida photo bersama usai menandatangani Perda Pertanggungjawaban Bupati Samosir atas Pelaksanaan APBD tahun anggaran 2022.


Hasil dari Voting yang dilaksanakan dari 17 orang yang hadir menyatakan persetujuannya atas Ranperda pembahasan dan persetujuan bersama menjadi Perda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun anggaran 2022.

 

Setelah Voting, tampak Ketua DPRD Samosir Sorta Siahaan juga keluar dari ruangan rapat dan tidak mau memimpin kelanjutan rapat dan menandatangani ranperda menjadi Perda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun anggaran 2022.



Sebelumnya diberitakan, dari 5 Fraksi yang ada di DPRD Samosir, 4 Fraksi menerima yaitu Fraksi Nasdem, Fraksi PKB, Fraksi Golkar, Fraksi Gabungan (Gerindra, Demokrat dan Hanura). Sedangkan satu lagi yaitu Fraksi PDI-P menyatakan menolak.



"Kami dari Fraksi Nasdem menerima," ujar Juru bicara Partai Nasdem Drg Magdalena Sitinjak dan senada juga diikuti oleh Juru bicara Fraksi PKB Noni Situmorang dan Juru bicara Fraksi Golkar Johny Sagala.


Uniknya, Fraksi Gabungan melalui juru bicaranya Baringin Sihotang langsung menyatakan menerima walaupun pandangan fraksi tidak dibacakan.


"Ijin Ketua, Fraksi Gabungan tidak perlu membacakan pandangan fraksi tapi kami menerima," ujar Baringin Sihotang yang disambut tawa dan tepuk tangan para anggota DPRD Samosir lainnya serta tamu undangan.


Hadir pada rapat paripurna tersebut Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, Ketua DPRD Samosir Sorta Siahaan, Wakil Ketua DPRD Samosir Nasib Simbolon dan Pantas Sinaga serta 21 orang anggota DPRD Samosir lainnya.


Hadir juga unsur Muspida Samosir beserta para unsur OPD Pemkab Samosir dan para jurnalis lainnya.



(Gb-Ferndt01)