Notification

×

Iklan

Iklan

Pahala Mansury Resmi Jadi Wamenlu Apa Arahan Jokowi

17 Jul 2023 | 12:31 WIB Last Updated 2023-07-17T05:34:56Z

Pahala Mansury
GREENBERITA.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) yang baru pada Senin (17/7/2023). Selain Menkominfo, Presiden Jokowi  juga melantik sejumlah pejabat lainnya.

Yakni lima wakil menteri serta dua anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

Lima wakil menteri serta dua anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) yang dilantik hari ini adalah:

Wamenkominfo Nezar Patria

Wamendes Paiman Raharjo

Wamenlu Pahala Mansury

Wakil Menteri BUMN Rosan Roeslani

Wamenag Saiful R Dasuki

Anggota Wantimpres : Djan Faridz

Anggota Wantimpres : Gandi Sulistiyanto


Pahala Mansury resmi dilantik menjadi Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu). Pahala mengungkap arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal perdagangan dan investasi internasional.

"Ya tadi sudah saya sampaikan, mengenai bagaimana pengembangan untuk perdagangan, investasi internasional, karena memang kan tantangan ke depannya bagaimana meningkatkan hubungan perekonomian antara negara kita dengan negara-negara lainnya," kata Pahala di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (17/7/2023).


Pahala juga bakal meminta arahan Menlu Retno LP Marsudi soal tugasnya nanti. Pahala lalu berbicara mengenai pengalaman di bidang ekonomi.


"Tapi ya karena pengalaman saya mungkin lebih banyak di bidang korporasi dan ekonomi, mungkin itu yang menjadi salah satu yang berpotensi menjadi pengembangan ke depannya," ujar Pahala.


Pahala mengaku dirinya juga harus banyak belajar. Menurut dia, tugasnya kini berbeda dengan pengalaman kerja sebelumnya.


"Ya pasti banyak hal yang mesti kita pelajari ya karena kan bidang yang lama itu mungkin, tapi bagaimana dari pengalaman kita yang sebelumnya ini bisa kita jadikan modal untuk di penugasan yang baru," ujar Pahala.


Pahala sudah resmi dilantik menjadi Wamenlu oleh Jokowi. Sebelumnya, Pahala menjabat Wamen BUMN. Posisinya kini diisi Rosan Roeslani.


Pengambilan sumpah jabatan digelar di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (17/7) pagi. Pelantikan dihadiri sejumlah pejabat negara hingga jajaran kabinet menteri Jokowi dikutip dari news.detik.com


Di antaranya Ketua MA Muhammad Syarifuddin, Ketua MK Anwar Usman, Menko Marvest Luhut Binsar Pandjaitan, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, KSP Moeldoko, Menlu Retno LP Marsudi, Menag Yaqut Cholil Qoumas, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, hingga Ketua Wantimpres Wiranto.


Pelantikan diawali pembacaan Keppres dan dilanjutkan pengambilan sumpah para menteri. Berikut ini bunyi sumpahnya:

Bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab
(GB-RizalDM)