Notification

×

Iklan

Iklan

Kelompok Tani Desa Hariara Pintu, Kecamatan Harian Samosir Terima Bantuan Alat Pertanian Dari Pemerintah Kabupaten Samosir

1 Jul 2023 | 12:49 WIB Last Updated 2023-07-01T05:50:34Z

Kelompok Tani Desa Hariara Pintu, Terima Bantuan Alat Pertanian Dari Pemerintah Kabupaten Samosir

GREENBERITA.com -Pemerintah Kabupaten Samosir, Sumatra Utara, dan Kementerian Pertanian menyerahkan alat dan mesin pertanian kepada kelompok tani pengelola kawasan pertanian terpadu di Desa Hariara Pintu, Kecamatan Harian Samosir.


Penyerahan 5 cultivator dan 5 pompa air itu dilaksanakan Kamis (25/5), Bupati Samosir Vandiko T Gultom bersama Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBPPTP) Medan juga melakukan penanaman 1.000 pohon kopi dan pohon alpukat di lokasi. Vandiko menyampaikan ucapan terima kasih kepada Menteri Pertanian yang tetap  memberikan bimbingan dan bantuan dalam mengembangkan kawasan pertanian terpadu.


 "Kami minta kepada para petani untuk menanam seluruh benih, jangan dijual. Mari bekerja sama, kita sukseskan pertanian di Kabupaten Samosir," pesannya.Pengembangan kawasan, kata dia, tidak bisa sukses apabila hanya ditangani pemerintah. Untuk itu perlu dukungan dan kerja sama dari seluruh kelompok tani.ada kesempatan itu, dia mengajak masyarakat untuk menggunakan pupuk organik dan tidak  bergantung pada pupuk kimia.


"Pemkab Samosir akan tetap melakukan pelatihan pembuatan  pupuk organik kepada kelompok tani. Saya mengimbau, mari kita sukseskan pertanian di Samosir dengan pupuk  organik. Hasil pertanian dengan pupuk organik tidak kalah dengan pupuk kimia," ajaknya.


Sementara itu, Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBPPTP) Medan yang diwakili Namsen Girsang mengatakan kopi merupakan komoditi perkebunan penghasil devisa negara. 


"Seiring berkembangnya zaman perlu pengembangan produk kopi organik."Untuk itu, pihaknya melakukan pengembangan pertanian kopi organik dengan benih yang unggul, bermutu, bersertifikat serta bebas dari residu pestisida, sehingga dapat diterima di pasar global. 

(GB-RizalDM)