Notification

×

Iklan

Iklan

Warga Keluhkan Pelayanan USG di RSUD Samosir, Ini Penjelasan Sang Direktur

7 Feb 2023 | 12:34 WIB Last Updated 2023-02-07T08:42:08Z

RSUD Hadrianus Sinaga di Samosir 

GREENBERITA.com- Sorang warga bernama Mardiman Sitanggang (33 tahun) menyatakan keluhannya tentang pelayanan USG tehadap istrinya di RS Hadiranus Sinaga melalui media sosial yang di posting pada Selasa, 07 Februari 2023.


Ketika dikonfirmasi kepada yang bersangkutan, Mardiman Sitanggang mengakui itu adalah postingan nya dan mengijinkan Greenberita untuk mengutipnya.


"Kepada Yth. Bapak  Vandiko Gultom, Bupati Samosir dan Dinas Kesehatan Samosir, salam hormat saya sampaikan kepada Bapak Bupati Vandiko Gultom dan Pejabat Dinas Kesehatan  Kabupaten Samosir, dengan kerendahan hati saya yang bertindak dan atas nama Masyarakat Samosir khususnya ayah dari calon anak, ibu dari calon anak dan anak yang akan lahir, menyampaikan surat terbuka ini kepada Bupati dan instansi terkait," ujar Mardiman Sitanggang.


Menurutnya, maksud dan tujuan surat terbukanya adalah sebagai pemberitahuan kepada Bupati Samosir yang dianggapnya sebagai sosok pemimpin yang berintegritas tinggi dan mempunyai komitmen.


"Dimana fasilitas kesehatan Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi atau Obgyn yang kami kenal dengan nama dokter kandungan di RS. Hadrianus Sinaga sepertinya tidak mencukupi untuk melayani kesehatan di bidangnya, dimana sudah mulai Kamis minggu lalu (2/2/2023) sampai hari ini, Selasa (7/2/2023) tidak mendapatkan layanan USG, mungkin saya merasa karna saya menggunakan kartu BPJS makanya tidak dilayani, saya alihkan ke umum tapi memang tidak bisa juga, menurut penjelasan para petugas jaga antrian dan penerima pendaftaran kuota pernah hari hanya 20 orang saja, padahal Bapak tau, kami masyarakat mu lebih dari 20 org untuk mendapatkan layanan dari dokter kandungan tersebut dan parahnya lagi dokter hanya ada Senin - Rabu dan untuk hari lainnya tidak ada dokter, padahal kita tau ini menyangkut nyawa ibu dana anak," keluh Mardiman Sitanggang.


"Dan menurut penjelasan mereka dokter tidak ada karna Pemkab Samosir tidak mampu membayar jasa mereka, apa benar pak Bupati? Mohon diperbanyak jasa  dokter spesialis bidang Obgyn agar calon ayah dan calon ibu bahagia dan juga anak akan sehat walafiat lahir kedunia ini," pinta Mardiman Sitanggang.


Dia mengakhiri suratnya agar Bupati Samosir mendengarkan dan merealisasikan hal tersebut sembari meminta maaf sebesarnya bila surat terbukanya kurang berkenan.


Ketika hal tersebut dikonfirmasi kepada Direktur RS Hadrianus Sinaga, Dr Iwan Hartono Sihaloho mengakui adanya pelayanan kurang maksimal di USG RS Hadrianus Sinaga karena adanya seorang dokter spesialis Obgyn yang mengundurkan diri dan meminta pindah ke Kabupaten Deli Serdang.


"Jadi saat ini dokter Obgyn hanya satu dan dia juga yang melayani puluhan pasien melahirkan baik normal maupun operasi, jadi terbatas kemampuannya untuk pelayanan USG," jelas Dr Iwan.


Tapi menurutnya hal ini sudah dapat teratasi karena mulia Rabu, 8 Februari 2023 pihaknya sudah mendatangkan dokter Obgyn yang baru untuk melayani di RS Hadrianus Sinaga.


"Mulai besok, sudah datang satu dokter kandungan yaitu Dr Ranto Bonar Sinaga, SpOG, kita kontrak selama setahun ini," ujar nya.


Dengan kedatangan dokter Obgyn yang baru, berarti pelayanan USG dan kandungan kembali normal dilayani oleh dua dokter kandungan di RS Hadrianus Sinaga.


"Ada 2 alat USG di RS Hadrianus, sehingga kedepannya bisa dilayani langsung oleh dua dokter kandungan, tentunya dengan jumlah pasien USG yang kita tambah perharinya," ujar Iwan Hartono.


Sebelumnya, Dr Tonggo Sidabutar SpOG telah melayani sendiri setelah dr Tonny Simarmata mengajukan permohonan pindah ke Deli Serdang, dengan kehadiran Dr Ranto Bonar Sinaga, SpOG yang merupakan dokter senior ini, akan semakin meningkatkan pelayanan pasien kandungan di rumah sakit kebanggaan masyarakat Samosir ini.



(Gb-ferndt01)