Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Bupati Samosir kembali Gelar 'Bunga Desa' di desa tertinggal Kecamatan Onan Runggu

Selasa, 24 Januari 2023, 14:21 WIB Last Updated 2023-01-27T11:14:23Z
Bupati Samosir kembali gelar Bunga Desa untuk melayani masyarakat secara langsung tanpa birokrasi (24/01/2023) 


GREEN BERITA. com - Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom kembali menggelar kegiatan 'Bunga Desa' di Kecamatan Onan Runggu, Kabupaten Samosir pada Selasa, 24 Januari 2023.


Adapun desa pertama yang dikunjungi Vandiko Timotius Gultom adalah desa tertinggal yaitu Desa Rina Bolak yang lokasinya sekitar 3 kilometer dari jalan raya dengan kondisi jalan bebatuan dan belum beraspal sehingga cenderung jalan licin ketika hujan turun.


Pada sambutannya  Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom menyampaikan program Bunga Deaa bertujuan untuk memperpendek dan mempercepat pelayanan pemerintah dan pembangunan kepada masyarakat, dengan melibatkan sejumlah organisasi perangkat daerah yang memiliki tugas dan fungsi yang terkait langsung dengan pelayanan kepada masyarakat.


Vandiko Gultom meminta secara khusus kepada seluruh pemangku kepentingan untuk saling mendukung dan bergandengan tangan serta saling memberi masukan yang positif untuk percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat.


"Dengan pelayanan langsung yang kami bawabawa seperti pencatatan data kependudukan dan penerbitan KTP, pelayanan kesehatan dan bantuan untuk para siswa seperti sepatu dan buku kepada siswa berprestasi, dapat langsung kami berikan sehingga warga tidak perlu ke ibukota kabupaten untuk mengurus pelayanan tersebut dan hal ini dapat menghemat jutaan uang warga untuk ongkos dan biaya lain ke Kota Pangururan," tegas Vandiko Gultom.


Bupati Samosir tampak serius melakukan pelayanan kesehatan, kependudukan dengan langsung melihat pola pelayanan yang disiapkan Pemkab Samosir.


"Dan untuk mendukung pelayanan di Desa Rina Bolak ini, saya memberikan bantuan sebesar Rp 100 juta agar dapat digunakan sebaik-baiknya untuk perbaikan pelayanan masyarakat," ujar Vandiko Gultom.


Dirinya mengatakan desa merupakan garda terdepan dan ujung tombak dalam percepatan pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.


"Hal ini sesuai dengan pola pembangunan saat ini, yakni berbasi desa, khsususnya ketahanan pangan dan pemerataan pembangunan," tambah Vandiko.


Secara khusus Vandiko Gultom meminta peran serta kepala desa untuk mensosialisasikan serta mendorong masyarakat agar secara bersama-sama berkontribusi dalam mewujudkan program pembangunan sebagaimana yang diharapkan.


"Pembangunan yang langsung menyentuh desa secara langsung khususnya bidang infrastruktur dan dukungan pembangunan seperti pembukaan jalan desa untuk usaha tani tetap dilanjutkan, Sirtunisasi jalan, pelebaran jalan dan pembangunan embung," tegas Vandiko Gultom.


Seorang Ibu boru Huta Balian merasa turut bahagia usai mendapatkan pelayanan kesehatan langsung pada program Bunga Desa di Desa Rina Bolak.


"Tadi saya baru bawa berobat anak saya dan juga saya, dan dilayani langsung oleh dokter serta diberikan obat, ini sungguh sangat berarti bagi kami, terimakasih Pak Bupati Vandiko Gultom, teruskan lah pelayanan seperti ini untuk rakyat seperti kami," ujar boru Huta Balian.


Turut hadir pada kegiatan tersebut Wakil Ketua DPRD Samosir Pantas Maroha Sinaga, Anggota DPRD Samosir Parluhutan Samosir, drg Magdalena Sitinjak serta unsur OPD yaitu Pj Sekda Samosir Waston Simbolon, Kadis Sosial PMD Samosir Fitri Agust Karo-Karo, Kadis Pendidikan Jonson Gultom, Kadis Kesehatan Dr Dina Hutapea, Kadis Perijinan  Pilipi Simarmata, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Tety Naibaho,  Kadis Koperindag Rista Sitanggang, Kepala BKD Rohani Bakara, Kadis BPBD Sarimpol Manihuruk, Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang Direktur RSUD dr Sihaloho Iwan Sihaloho, Sekretaris BPKPD Sherly Ginting dan Camat Onan Runggu, Agus Bonar Gultom, Kepala BPJS Samosir, Demon Silalahi serta Kades Rina Bolak Marline Purba dan Ketua BPD Rina Bolak Hotman Sitinjak serta seluruh tokoh masyarakat desa.


(Gb-ferndt01)

Iklan