Notification

×

Iklan

Iklan

Vandiko Gultom Beri Bantuan Pendidikan, Pertanian, BPJS Gratis dan Perbaikan Infrastruktur di 'Bunga Desa' Rina Bolak

24 Jan 2023 | 16:41 WIB Last Updated 2023-01-27T11:14:23Z

Bupati Samosir Vandiko Gultom serahkan bantuan buku pelajaran dan sepatu kepada para siswa berprestasi di Desa Rina Bolak (24/1/2023)

GREENBERITA.com-
Bupati Samosir Vandiko Gultom kembali melanjutkan program Bunga Desa (Bupati berkantor di Desa), dan kal
i ini Vandiko Gultom berkantor bersama jajaran OPD berkantor di Desa Rinabolak, Kecamatan Onan Runggu, (24/01/2023).


Bupati Samosir secara langsung menyerahkan bantuan pendidikan berupa sepatu, alat tulis dan buku kepada siswa berprestasi SDN 19 Rinabolak dan SDN 4 Janji Matogu. 


Juga bantuan pertanian berupa pupuk organik kepada kelompok tani serta BPJS Gratis kepada warga.


Menanggapi permintaan masyarakat, Bupati Samosir, Vandiko Gultom mengatakan tahun 2023 ini Pemkab Samosir akan membangun jembatan dan memberikan penambahan anggaran sebesar 100 juta untuk Desa Rinabolak. 


"Bantuan keuangan diharapkan untuk pembangunan infrastruktur termasuk kebutuhan pembangunan kantor desa dan pembangunan jembatan Simarpinggan-Sitahuan dan Simarpinggan-Rinahor untuk memudahkan akses masyarakat yang selama ini susah untuk dilalui," jelas Bupati Samosir Vandiko Gultom m


Terkait kebutuhan tenaga kesehatan dan guru juga menjadi perhatian Bupati Samosir di Desa Rinabolak. 


Menurutnya, Bunga Desa dilaksanakan untuk   mengetahui secara langsung kondisi Desa, memberikan berbagai pelayanan kepada masyarakat dan mendengarkan langsung aspirasi mengenai kebutuhan desa, sekaligus memperpendek rentang kendali masalah-masalah yang dihadapi masyarakat.


"Kami memindahkan semua pelayanan yang ada di Kabupaten. Melayani secara langsung  ke Desa. Hal ini untuk memudahkan dan membantu mempercepat pengurusan dokumen kependudukan dan dokumen lainnya" kata Vandiko.l Gultom.


Pelayanan yang dimaksudkan antara lain, pelayanan kesehatan berupa pengobatan gratis dan vaksinasi Covid 19, pelayanan pengurusan dokumen kependudukan, perijinan, penyuluhan KB dan stunting, BPJS Gratis, pemberian pupuk organik dan bibit, bantuan pendidikan dan pelayanan lainnya. Bunga Desa Rinabolak juga menghadirkan Bank Sumut Cabang Pangururan. 


Hal ini untuk memudahkan masyarakat membuka rekening tabungan dan informasi KUR yang disalurkan langsung Bank Sumut.


Atas usulan masyarakat Desa Rinabolak, Bupati Samosir mengerahkan alat berat melalui Dinas Pekerjaan Umum untuk melakukan pembukaan jalan. Diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan keberadaan alat berat untuk pembukaan akses jalan, baik menuju perkampungan maupun lahan pertanian dengan syarat pembebasan lahan minimal 6 meter.


"Pemerintah siap membuka jalan, akan tetapi masyarakat juga harus mendukung dengan menyerahkan lahan, dan siapapun yang mau dibukakan jalan, Pemkab Samosir membantu dan mengerahkan alat berat. Jangan berpikir ruginya, harus berpikir untung, bahwa dengan pembukaan jalan akan dapat memperluas lahan pertanian sehingga tidak ada lagi nanti lahan tidur, serta memudahkan akses pengangkutan hasil komoditi" terang Vandiko Gultom.


Program Bunga Desa di Desa Dan Rina Bolak, Kecamatan Onan Runggu, Kabupaten Samosir (24/1/2023)

Untuk Tahun 2023, Bupati Samosir mengungkapkan, akan menyentuh desa secara langsung, khususnya bidang infrastruktur dan pembangunan lainnya antara lain melanjutkan pembukaan jalan desa, sirtunisasi jalan, pelebaran jalan, pembangunan embung, penataan lahan pertanian, penataan lokasi wisata dan gerakan perubahan penggunaan pupuk dari  kimia menjadi pupuk organik melalui program "Pangula Nature". 


Sebagai solusi atas kelangkaan pupuk kimia bersubsidi, Bupati Samosir menerapkan penggunaan pupuk organik cair dan padat. 


"Melalui Dinas ketapang dan Pertanian  melaksanakan pelatihan pembuatan pupuk organik kepada kelompok tani, dengan demikian kebutuhan pupuk dikalangan petani akan dapat terpenuhi," jelas Vandiko Gultom.


Mengatasi dan menjamin kesehatan masyarakat tidak mampu, Bupati Samosir juga menyerahkan kartu BPJS Gratis. Menurut Bupati, seluruh masyarakat kurang mampu di Kabupaten Samosir harus mendapatkan BPJS gratis. 


"Dalam pemenuhan Universal Health Coverage (UHC) minimal 95 % penduduk harus terdaftar pada program JKN, sehingga kedepannya masyarakat dalam mendapatkan layanan kesehatan cukup hanya membawa KTP maupun Kartu Keluarga," jelas Vandiko Gultom terkait pembagian BPJS.


Bupati Samosir menargetkan kasus Stunting di Desa Rinabolak tuntas. Selama 10 bulan memberikan bantuan Rp. 3.500.000/ bulan  untuk pemenuhan gizi khusus stunting dibantu Kader PKK dan Bidan. 


Dalam kesempatan ini, Bupati Samosir mengecek langsung kehadiran aparat desa, memastikan kehadiran. Bahwasanya, aparat desa harus betul-betul hadir dan kompak dalam melayani masyarakat.


Bunga Desa di Desa Rinabolak disambut antusias lapisan masyarakat sembari memberikan ulos (mangulosi) kepada Bupati Samosir sebagai wujud kebanggaan dari seluruh masyarakat atas kunjungan Bupati Samosir dan rombongan.


Seorang Ibu boru Huta Balian merasa turut bahagia usai mendapatkan pelayanan kesehatan langsung pada program Bunga Desa di Desa Rina Bolak.


"Tadi saya baru bawa berobat anak saya dan juga saya, dan dilayani langsung oleh dokter serta diberikan obat, ini sungguh sangat berarti bagi kami, terimakasih Pak Bupati Vandiko Gultom, teruskan lah pelayanan seperti ini untuk rakyat seperti kami," ujar boru Huta Balian.


Turut hadir pada kegiatan tersebut Wakil Ketua DPRD Samosir Pantas Maroha Sinaga, Anggota DPRD Samosir Parluhutan Samosir, drg Magdalena Sitinjak, Anggota TBPP Marhuale Simbolon dan Benedict Gultom serta unsur OPD yaitu Pj Sekda Samosir Waston Simbolon, Kadis Sosial PMD Samosir Fitri Agust Karo-Karo, Kadis Pendidikan Jonson Gultom, Kadis Kesehatan Dr Dina Hutapea, Kadis Perijinan  Pilipi Simarmata, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Tety Naibaho,  Kadis Koperindag Rista Sitanggang, Kepala BKD Rohani Bakara, Kadis BPBD Sarimpol Manihuruk, Direktur RSUD dr Sihaloho Iwan Sihaloho, Sekretaris BPKPD Sherly Ginting dan Camat Onan Runggu, Agus Bonar Gultom, Kepala BPJS Samosir, Demon Silalahi serta Kades Rina Bolak Marline Purba dan Ketua BPD Rina Bolak Hotman Sitinjak serta seluruh tokoh masyarakat desa.



(Gb-ferndt01)