Notification

×

Iklan

Iklan

USU Kolaborasi Bersama University of Twente(UOT) di Belanda

2 Des 2022 | 20:44 WIB Last Updated 2022-12-02T13:44:57Z

 


GREENBERITA.com Universitas Sumatera Utara (USU) tengah gencar mempersiapkan diri menjadi universitas berkelas dunia, dan menjalin kolaborasi dengan University of Twente yang berkedudukan di Enschede, Belanda.


University of Twente (UT) sendiri merupakan kampus berkelas dunia dengan konsentrasi keilmuan bidang ilmu sosial, perilaku dan juga bidang teknik. World University Rangkings 2023 menempatkan University of Twente di peringkat 212 kampus top dunia seperti yang dilansir dari antaranews.


Rektor USU Dr Muryanto Amin, SSos, MSi, dalam keterangan tertulis,Rabu, menjelaskan hubungan USU dengan University of Twente sebelumnya telah terjalin dengan baik.


Namun, dibutuhkan peningkatan kerja sama seiring dengan target-target internasionalisasi yang dicanangkan USU.


"Pada pertemuan itu, USU dan University of Twente bersepakat untuk melakukan riset bersama tentang daya dukung Kawasan Danau Toba yang akan menjadi Kawasan Wisata, Food Estate, Industri Perikanan dan lainnya," ucapnya.


Rektor mengatakan selain itu, University of Twente akan mengirimkan mahasiswa ke USU untuk melakukan studi kasus permasalahan yang berhubungan dengan Geo-Information Science and Earth Observation termasuk di dalamnya Natural Resources Management.


Dengan adanya jalinan kerja sama dengan University of Twente dapat memperbesar peluang mahasiswa dan dosen USU untuk kuliah di university dengan dukungan beasiswa LPDP.Untuk usaha ini University of Twente bersedia melakukan coaching.


"USU juga akan mengirimkan mahasiswa untuk melakukan kegiatan MBKM di University of Twente.Disepakati juga pada tahun 2023 akan dilakukan program pertukaran mahasiswa dan staff mobility. Poin-poin kesepakatan itu sudah dibahas bersama dan akan segera direalisasikan," katanya.


Rektor menjelaskan, setelah terjadi pertukaran dan kolaborasi riset maka akan terjalin komunikasi yang lebih intens dan berkelanjutan.


"Kolaborasi dengan University of Twente akan terus ditingkatkan di masa yang akan datang. Setelah mengetahui kompetensi masing-masing universitas, USU dan University of Twente secara bersama bersepakat membangun centre of execellent," kata Muryanto.



(Gb-Alex003)