Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Besok, DPR Gelar Paripurna Pengesahan Panglima TNI Laksamana Yudo

Green Berita
Senin, 12 Desember 2022, 17:26 WIB Last Updated 2022-12-12T10:26:50Z



GREENBERITA.com-
DPR bakal menggelar Rapat Paripurna pengesahan KSAL Laksamana Yudo Margono sebagai Calon Panglima TNI Pengganti Jenderal Andika Perkasa pada Selasa (13/12) besok.


Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR, Indra Iskandar mengatakan Paripurna rencananya akan digelar mulai pukul 9.30 WIB, dengan agenda tunggal pengesahan Yudo.


"Paripurna tanggal 13 Desember jam 9.30 WIB, hanya agenda tunggal yaitu pemberian persetujuan terhadap calon panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI," kata Indra saat dihubungi, Senin (12/12) seperti yang dilansir dari cnnindonesia.


Komisi I DPR sebelumnya telah menyetujui Yudo menggantikan Jenderal Andika yang akan memasuki pensiun pada 21 Desember mendatang. Persetujuan itu diambil usai pelaksanaan fit and proper test terhadap Yudo pada Jumat (2/12) lalu.


Dengan keputusan itu, DPR sekaligus menyetujui pemberhentian Jenderal Andika sebagai Panglima TNI.


"Memberikan persetujuan terhadap pengangkatan calon Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono sebagai calon panglima TNI," kata Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid.


Penunjukan Yudo sebagai Panglima sekaligus menjadi kali pertama Panglima di era Presiden Jokowi diduduki oleh perwira dari matra laut. Jokowi sebelumnya tak pernah menunjuk Panglima dari matra tersebut.


Selama delapan tahun pemerintah Jokowi, posisi Panglima hanya pernah diduduki oleh matra darat dan udara. Masing-masing yakni satu perwira bintang empat dari TNI AU dan tiga bintang empat dari TNI AD.



(Gb-Alex003)

Iklan