Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Resmi, Menteri BUMN Erick Thohir Ditabalkan jadi orang Batak Marga Sidabutar

Sabtu, 26 November 2022, 16:31 WIB Last Updated 2022-11-26T09:31:59Z
GREENBERITA.com- Pomparan Raja Sidabutar bertambah usai Menteri Badan Usaha Miliki Negara ( BUMN ) Erick Thohir disahkan 
menjadi bagian dari keluarga besar orang Batak setelah prosesi pemberian Marga Sidabutar dengan budaya Batak Toba di Lopo Inn Tomok Kabupaten Samosir, Sabtu ( 26/11/2022).

Penabalan ( Mangain ) Marga, Menteri Badan Usaha Miliki Negara ( BUMN ) Erick Thohir jadi marga Sidabutar di rangkaian dengan acara pada Tao Toba Heritage Fest yang diawali dengan acara kebaktian dan dirangkai dengan acara adat Mangalahat horbo dengan iringan tor tor dan sastra lisan berupa umpasa dari bahasa batak Toba.

Mangalahat Horbo dengan menancapkan pohon (Borotan) ditengah halaman pertanda kekokohan dan kekuatan ditengah masyarakat batak serta mengikatkan seekor kerbau untuk persembahan dan meminta berkat, kesejahtraan kepada Tuhan Mula Jadi Nabolon dalam melakukan suatu acara pesta adat di bangso Batak.

Prosesi adat ini dihadiri oleh seluruh keluarga Marga Sidabutar di Tomok Kabupaten Samosir juga semua rumpun marga dan handaitaulan dari mulai Tulang, Bonatulang, Bonaniari, Matamual, Dongan Tubu Marga Sidabutar, Boru, Bere dan Ibebere serta dongan Huta. 

Orang Tua Angkat Erick Thohir Sidabutar, Harry Boss Sidabutar sekaligus Ketua Panitia Tao Toba Haritage Fest berterimakasih banyak atas kepercayaan Menteri BUMN Erick Thohir telah memilih marga Sidabutar menjadi Marganya di Bangso Batak.

"Saat ini Erik Thohir telah menjadi Marga Sidabutar dari generasi ke 10 Raja Oppung Sori Buttu Sidabutar dan anak ke 4 dari Harry Boss Sidabutar keluarga Marga Sidabutar na ualu," ujar Harry Boss Sidabutar.

Menteri BUMN Erick Tohir disahkan sebagai orang Batak bermarga Sidabutar, (26/11/2022)

Dia mengatakan bahwa mulai hari ini Erick Thohir mendapat hak adat dari orang batak marga Sidabutar, dan mendapat hak warisan yang dimiliki olehnya.

Selanjutnya dia Juga meminta agar setiap penulisan nama Menteri BUMN mulai sekarang harus di tuliskan Marga Sidabutar.

Sedangkan Mustang Bonaventura Manurung yang juga Ketua Umum Pospera sebagai Tulang Erik Thohir mengatakan bahwa panggilan dan penyebutan nama mulai hari ini harus dirubah.

"Menteri harus memanggil saya tulang dan saya harus memanggil menteri bere," ujar Mustang tertawa.

Pada kesempatan itu Sekjen Pospera Adian Napitupulu juga berterimakasih terlaksananya acara ini telah bertambah 1 keluarga Batak bermarga Sidabutar.

"Kualitas persaudaraan bukan sekedar seremoni Marga semata tapi harus di barengi dengan suka dan duka, jadi pada hari ini disaksikan oleh ribuan orang kita yang bersaudara harus saling mendukung dalam suka dan duka," ujar Adian Singkat.

Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom mengucapkan Selamat kepada Menteri BUMN Erick Thohir atas penabalan menjadi Marga Sidabutar dan merupakan hal yang tepat dan kita banggakan.

"Karena Menteri telah memilih Samosir sebagai tempat yang tepat karena Asal Usul Raja Batak dari gunung pusuk buhit Sianjur mula mula, Samosir," ujar Vandiko Gultom. 

Sedangkan kebanggaan tersendiri muncul dari raut wajah Menteri Erick Thohir Sidabutar dimana hari ini sebagai momen bersejarah.

"Hari ini merupakan keberkahan bagi kita, saya telah menjadi marga Sidabutar sebagai anak dari generasi Raja Sidabutar dan menjadi bagian dari bangso batak, maka mari menjaga persaudaraan baik senang maupun susah," Ujar Erick Thohir Sidabutar.

Pada kesempatan itu dia juga berjanji akan membangun musuem Batak di Pulau Samosir.

"Sebagai simbol keberkahan, kekayaan dalam menjaga dan membangun kultur budaya batak, suatu kehormatan dari bagian bangso batak yang tercinta," tutupnya Erick Tohir. 


(Gb-Karmel05)

Iklan