Notification

×

Iklan

Iklan

Gelar Lomba Tangkap Ikan Hama di Samosir, Tangkas Manimpan: Musnahkan Ikan Endemik Danau Toba

28 Nov 2022 | 17:15 WIB Last Updated 2022-11-28T10:15:21Z
Anggota DPRD Sumatra Utara Tangkas Manimpan Lumbantobing gelar Lomba Tangkap Ikan Hama di Samosir, (27/11/2022)

GREENBERITA.com- Anggota DPRD Sumatera Utara Tangkas Manimpan Lumbantobing meminta seluruh warga berupaya untuk meminimalisir pertumbuhan ikan hama yang biasa disebut Red Devil Fish. 

Pernyataan tersebut disampaikan Anggota DPRD Sumut, Tangkas Manimpan Lumban Tobing ketika menggelar kegiatan Lomba Mancing Ikan Hama atau yang biasa disebut Red Devils Fish bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Pemrov Sumatera Utara di Pantai Desa Situngkir, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Minggu (27/11/2022). 

"Karena lomba menangkap Ikan Hama atau Red Devil Fish ini kita gelar untuk meminimalisir perkembangan ikan hama yang terbukti sebagai pemangsa ikan endemik di perairan Danau Toba," ujar Tangkas Manimpan. 

Wakil rakyat yang biasa disapa Tamado ini menjelaskan bahwasanya Ikan Hama ini berasal dari Danau Nikaragua di Amerika Tengah, dan disebarkan oleh orang yang tidak bertanggungjawab di perairan Danau Toba. 

"Dan kita juga telah mendorong dinas terkait untuk melakukan penelitian agar diketahui kegunaan serta nilai ekonomis dari ikan ini sehingga masyarakat pun berlomba menangkapnya," tutur Tagkas Manimpan. 

Tampak penuh antusias ratusan penangkap ikan hama menyebarkan pancing bahkan jaringnya ke Danau Toba untuk memastikan penangkapan ikan yang terbukti menyusahkan para nelayan Samosir. 

Tampil sebagai pemenang adalah KUNCI Siaek Mual sebagai juara I dengan meraih uang sebesar Rp. 5 juta, Team Desa Situngkir sebagai juara II dengan raihan Rp 3,5 juta serta team Cobra sebagai juara III dengan raihan Rp. 2 juta. 

Dalam sambutannya, Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom mengapresiasi kreativitas kegiatan dari Anggota DPRD Sumatera Utara untuk membantu rakyat Samosir khususnya para nelayan untuk mengurangi ikan pemangsa ikan endemik di Danau Toba. 

"Kegiatan ini adalah sebut kreativitas yang baik dari Tangkas Manimpan Lumbantobing untuk membantu rakyat khusus masyarakat nelayan di Samosir dalam upaya membasmi ikan pemangsa ikan endemik yang meresahkan para petani," ujar Vandiko Timotius Gultom. 

Bupati Samosir kembali berterimakasih atas kegigihan Tangkas Manimpan Lumbantobing untuk membawa kue pembangunan dan bantuan ke Kabupaten Samosir. 

Selain pasar murah yang telah digelar sepanjang minggu ini, Anggota DPRD Sumut Tangkas Manimpan Lumban Tobing juga tercatat telah banyak membantu Kabupaten Samosir termasuk perbaikan jalan propinsi di Samosir senilai 58 M dan Bantuan keuangan senilai 5 M dari Provsu. 

"Terima kasih kepada Tangkas Manimpan Tobing, yang tetap memperhatikan Kabupaten Samosir dengan membawa program dari Propinsi Sumatera Utara untuk kesejahteraan masyarakat Samosir," ucap Vandiko Timotius Gultom. 

Pasar murah yang digelar di Pantai Situngkir tampak menyediakan, beras, minyak goreng, gula pasir, ayam ras, tepung terigu, sirup dan ikan sarden. Selain itu diberikan juga bantuan bibit ikan Jahir dan Nila sebanyak 5.000 ekor.

Juga dibagikan tas bagi peserta lomba memancing ikan hama serta benih ikan unt masyarakat pemilik kolam darat. 

Dalam pelaksanaan pasar murah ini, masyarakat terlihat antusias dan berbelanja kebutuhan pokok dengan tertib.

Tampak hadir Sekretaris dinas kelauatan dan Perikanan Suharyadi S.Sos, M. si dan
Kabid Perikanan Tangkap Yuliani Siregar serta Anggota DPRD Samosir Magdalena Sitinjak, Camat Pangururan Robintang Naibaho, Kades Situngkir Bpk Sipayung dan Ketua PP Samosir Punguan Situmorang. 


(Gb-Aksel02)