Jelang Verifikasi Faktual Pengurus dan Anggota Parpol, KPU Samosir Gelar Rapat Koordinasi -->

VIDEO

Jelang Verifikasi Faktual Pengurus dan Anggota Parpol, KPU Samosir Gelar Rapat Koordinasi

Senin, 10 Oktober 2022

Ketua KPU Samosir Ika Rolina Samosir membuka kegiatan Rakor Persiapan Pelaksanaan Verifikasi Faktual Kepengurusan Keanggotaan Parpol, Senin (10/10/2022)

GREENBERITA.com- Menjelang pelaksanaan tahapan verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Samosir melakukan rapat koordinasi dengan partai politik, OKP, Ormas serta tokoh masyarakat dan tokoh agama di Hotel Sitiotio, Kecamatan Pangururan, Sumatera Utara, pada Senin, (10/10/2022). 

Dalam sambutannya, Ketua KPU Samosir Ika Rolina Samosir, SP menyatakan rapat koordinasi ini menjadi sebuah langkah lanjutan dalam menentukan penetapan partai politik peserta Pemilu 2024 kedepannya. 

"Sesuai dengan PKPU 4 tahun 2022, pada tingkatan kepengurusan partai politik kabupaten dan kota, verifikasi dilakukan untuk membuktikan pemenuhan persyaratan kepengurusan partai politik calon peserta Pemilu tingkat kabupaten dan kota," ujar Ika Samosir. 

Pada proses verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan ditingkat kabupaten dan kota, juga memperhatikan keterwakilan perempuan paling sedikit 30 % pada susunan pengurus parpol tingkat kabupaten dan kota. 

"Pada verifikasi ini juga termasuk penelitian domisili kantor tetap kepengurusan parpol tingkat kabupaten dan kota sampai tahapan terakhir Pemilu 2024," tegasnya. 

Bupati Samosir diwakili Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Samosir Dumosch Pandiangan menyatakan Pemkab Samosir mendukung sepenuhnya KPU Samosir dalam melakukan tahapan Pemilu 2024 dengan baik. 

"Kami menghimbau KPU Samosir tetap melakukan koordinasi dengan Pemkab Samosir dalam pelaksanaan tahapan Pemilu dan kami juga memerintahkan seluruh Camat di Kabupaten Samosir untuk membantu KPU dalam pelaksanaan verifikasi faktual ini," tegas Dumosch Pandiangan. 

Sementara itu, DPRD Samosir melalui Ketua Bapemperda DPRD Samosir Saur Tua Silalahi meminta KPU Samosir melaksanakan kegiatan tahapan ini dengan baik dan cermat. 

"Hal ini perlu dilakukan untuk memberikan rasa keadilan dan kepastian kepada seluruh parpol sehingga setelah penetapan parpol peserta Pemilu 2024 tidak merugikan partai," ujar Saur Tua Silalahi yang merupakan anggota DPRD Samosir dari Fraksi Gerindra Samosir. 

Secara khusus, Kajari Samosir diwakili Edward Pasaribu, SH, MH meminta KPU Samosir menjaga kebersamaan antar peserta Pemilu dalam proses verifikasi faktual ini. 

"Lakukan verifikasi faktual ini sesuai peraturan KPU dan perundang-undangan yang berlaku sehingga menimbulkan kenyamanan bagi selesai peserta Pemilu," tegas Edward Pasaribu. 

Sementara itu, Anggota Bawaslu Robintang Naibaho yang diberikan kesempatan bicara tentang kegiatan verifikasi parpol ini, namun justru memberikan sambutan tentang rekrutmen calon pengawas pemilu tingkat kecamatan. 

"Berhubung saat ini Bawaslu Samosir sedang melakukan perekrutan panwaslu kecamatan, kami meminta kita semua untuk melakukan pengawasan terhadap proses rekrutmen tersebut," ujar Robintang Naibaho. 

Hadir pada acara tersebut Anggota KPU Samosir Robinsar Junaidi Barus, Ketua Bawaslu Samosir Anggiat Sinaga, Plt Asisten I Pemkab Samosir Tunggul Sinaga, Camat Pangururan Robintang Naibaho, Korwil JaDI Samosir Fernando Sitanggang, Ketua Karang Taruna Marco Simbolon, Pdt JM Sinaga. 

Serta perwakilan partai yaitu Sekretaris NasDem Samosir Jabalos Simbolon, 
Ketua PDI-P Samosir Ramlan Silalahi, Perwakilan Golkar Hotdon Naibaho, Sekretaris PSI Fajar Hisar Sitorus, Ketua PAN Narsis Sitanggang, Ketua PKS P Sihotang, Ketua PKP Ridho Naibaho, LO Partai Buruh Martua Simbolon, LO PKB Efridawan Naibaho serta pengurus OKP, Ormas dan tokoh masyarakat. 

(Gb-Aksel 02)

Loading...