Hari Ini, Punguan Sijabat Indonesia Mulai Gelar "Marsombu Sihol" dan Syukuran PPTS -->

VIDEO

Hari Ini, Punguan Sijabat Indonesia Mulai Gelar "Marsombu Sihol" dan Syukuran PPTS

Greenberita.com
Jumat, 01 Juli 2022

Tugu Toga Sijabat di Ambarita, Simanindo Samosir.

SAMOSIR.GREENBERITA.com-
Punguan Pomparan Toga Sijabat (PPTS) Se-Indonesia akan menggelar kegiatan budaya Batak dengan judul Marsombu Sihol dan Syukuran PPTS Se-Indonesia di Huta Lumban Sijabat Desa Garoga Sitobu Ambarita, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir dari Jumat sampai Minggu, 02-03 Juli 2022.


Pernyataan tersebut dibenarkan oleh Ketua Umum PPTS, Barmen Sijabat pada rilis yang diterima greenberita pada Rabu, 29 Juni 2022.


"Benar, kita akan melakukan gelaran budaya Batak yaitu Marsombu Sihol dan Syukuran PPTS di Sitobu Ambarita dari 2-3 Juli ini," ujar Barmen Sijabat. 


Menurut Ketua Umum PPTS yang terpilih pada Musawarah Nasional (Munas) Punguan Pomparan Toga Sijabat (PPTS) se-Indonesia, di Hotel Danau Toba Internasional (HDTI) Medan ini menjelaskan PPTS sudah dibentuk tahun 80-an dan saat ini sudah memiliki Tugu Toga Sijabat, Sopo di Bona Pasogit Ambarita. 


"Intinya bagaimana kitamemperkaya budaya dan pendidikan sehingga dengan demikian akan memberikan dampak yang positif bagi pekembangan budaya Indonesia secara umum dan budaya Batak, secara khusus keluarga Sijabat yang sudah ratusan ribu orang tersebar di dunia,” ujarnya.


Terpisah, Bendahara Umum  Yayasan Bonapasogit Toga Sijabat Se-Indonesia, Ir Nikolas Naibaho menyatakan acara Marsombu Sihol dan Syukuran PPTS nanti akan dimulai dengan acara adat makan bersama dengan masyarakat setempat sembari "mangalap tua ni gondang".


"Kemudian dilanjutkan tortor suhut na marhaha maranggi dilanjutkan dengan acara hiburan," ujarnya 


Nikolas Naibaho menambahkan, pada Minggu 03 Juli akan digelar perayaan ulang tahun PPTS sembari pengukuhan dan pelantikan pengurus PPTS wilayah. 


"Kita juga akan melakukan adat pamuhai ni gondang sembari memberi penghormatan kepada tulang dan Hula-hula Sijabat," pungkas Nikolas Naibaho. 


Menurut rencana, kegiatan akan dihadiri oleh Bupati Samosir Vandiko Gultom dan Ketua Umum Parna Indonesia Letjen Cornel Simbolon dan dihibur oleh para Naposobulung Raja Sijabat. 


(Gb-ferndt/rel)

Loading...