TJSL PLN UIK SBU Salurkan Bantuan untuk Rumah Tempe di Marelan -->

VIDEO

TJSL PLN UIK SBU Salurkan Bantuan untuk Rumah Tempe di Marelan

Jumat, 24 Juni 2022

 


Asman CSR PLN UIKSBU Waldy Gunawan bersama Lurah Tanah 600, Kelompok Usaha Rumah Tempe Muslimah dan para stake holder berfoto bersama usai penyerahan bantuan/foto : ist


GREENBERITA.com-Medan || PLN UIKSBU menyerahkan bantuan pengembangan UMKM melalui program tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL) 2022 untuk bidang usaha tempe yang berlokasi di Jl. Marelan IV, Gg. Melati 4, Link. VI (Pasar I Rel).


Seremoni penyerahan bantuan yang berlangsung Kamis, 23 Juni 2022, dilakukan Waldy Gunawan, Asman CSR PLN UIKSBU mewakili manajemen kepada Ahmad Yuni, selaku motor Kelompok Rumah Tempe Muslimah Mandiri. 


Atas bantuan itu, Ahmad Yuni mengaku sangat terharu dan berterima kasih atas bantuan PLN UIKSBU. Apalagi,  usaha yang sudah digelutinya selama 3 tahun ini terus berkembang. Dari sebelumnya hanya beranggotakan kurang dari 5 orang namun sekarang sudah bisa menambah anggota 10 orang bahkan akan bertambah lagi. 


"Tentu bantuan yang diberikan sangat bermanfaat, yang tadinya pekerjaan pengolahan bahan baku masih dilakukan secara tradisional karena keterbatasan alat, namun kali ini bisa jadi lebih cepat dan maksimal," ungkap Yuni. 


Dalam perencanaan kedepan, lanjutnya, selain pengolahan produksi tempe, pihaknya juga akan melakukan inovasi terkait hasil olahan tempe lainnya dalam kreasi lebih modern.  


"Perlu saya sampaikan juga, sebelumnya produksi perhari kami sekitar 25 kg, namun setelah adanya bantuan dari TJSK PLN UIKSBU saat ini dapat dihasilkan 50kg/hari. Selain itu penjualan sudah merambah sampai ke negara Kamboja," tutupnya. 


Menimpali hal itu,GM PLN UIKSBU Purnomo yang diwakili Asman CSR Waldy Gunawan berharap besar kepada Kelompok Usaha Rumah Tempe Muslimah untuk agar terus meningkatkan dan mengembangkan usahanya. 


"Semoga ke depan usaha ini terus berkembang dan mampu menyerap lebih banyak tenaga kerja, sehingga salah satu program pemerintah untuk mengentaskan pengangguran bisa terbantu," ucapnya. 


Sedangkan Lurah Tanah 600, Ari Ismail dalam kata sambutannya mengapresiasi keaktifan Karang Taruna dalam pembinaan Usaha pengolahan tempe yang tergabung dalam Kelompok Rumah Tempe Muslimah Mandiri. 


"Kami berharap agar kelompok ini ke depan mengikuti pelatihan digitalisasi UMKM yang akan dipandu dalam pengurusan izin OSS, izin NIB di Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu diharapkan bisa terdaftar di e-Catalog LPSE," ungkapnya. 


Sementara, Ketua Karang Taruna di wakili Sekretaris, Irvan Bahri, menyampaikan apresiasi kepada PLN UIKSBU yang telah merespon dengan baik permohonan yang diajukan oleh kelompok usaha Rumah Tempe Muslimah. 


"Apalagi dengan adanya bantuan ini,  produksi tempe semakin meningkat dan anggota pun bertambah. Di samping itu kami juga berharap bisa terus mendapat bimbingan dan binaan dari pihak Kelurahan Tanah 600," harapnya. 


Turut hadir dalam kegiatan itu diantaranya pihak Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kepala lingkungan IV Tanah 600 serta beberapa warga disekitar rumah usaha. (Aa)

Loading...