Besok, Ketua Komisi A DPRD Tanjungbalai Diadili di Pengadilan Tipikor Medan -->

VIDEO

Besok, Ketua Komisi A DPRD Tanjungbalai Diadili di Pengadilan Tipikor Medan

Minggu, 05 Juni 2022

Ket Foto : Ketua Komisi A DPRD Tanjung Balai Dahman Sirait (pakai rompi) saat diamankan Kejari Tanjungbalai beberapa waktu lalu.

MEDAN.GREENBERITA.com
-- Ketua Komisi A DPRD Tanjungbalai Dahman Sirait dan oknum Direktur PT Duta Utama Sejahtera (DUS) M Umbar Santoso dijadwalkan, Senin, 06 Juni 2022 besok akan diadili di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Medan.

Humas PN Kelas IA Khusus Medan Immanuel Tarigan yang dikonfirmasi wartawan, Minggu, 05 Juni 2022, membenarkan perihal jadwal persidangan keduanya yang tersandung perkara korupsi.


Ketua PN Medan Setyanto Hermawan juga sudah mengunjuk formasi majelis hakim yang nantinya menyidangkan kedua calon terdakwa.


"Sudah. Untuk perkara atas nama Dahnan Sirait kebetulan Saya dipercayakan pimpinan menjadi hakim ketua didampingi ibu Eliwarti dan dan Rurita Ningrum sebagai anggota majelisnya.


Kalau untuk perkara M Umbar Santoso pimpinan telah mengunjuk ibu Eliwarti dan Saya serta Rurita Ningrum sebagai anggota majelis hakimnya. Sidang pertama untuk kedua terdakwa dijadwalkan Senin (6/6/2022)," kata Immanuel.


Diberitakan sebelumnya, berkas perkara korupsi Dahman Sirait telah dilimpahkan tim penyidik khusus (Pidsus) dari Kejari Tanjungbalai Asahan (TbA)  ke Pengadilan Tipikor Medan tertanggal 23 Mei 2022 lalu.


Hanya saja dalam perkara ini, Dahman Sirait dijerat pidana korupsi bukan sebagai legislator. Melainkan selaku Direktur PT Citra Mulia Perkasa Abadi (CMPA) yang mengerjakan peningkatan ruas Jalan Lingkar Utara Kota Tanjungbalai TA 2018.


Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam Laporan hasil pemeriksaan Investigatif Nomor : 11/LHP/XXI/06/2021 tanggal 24 Juni 2021 ditemukan kerugian negara sebesar Rp3.131.594.283,43.


Sempat Buron


Sedangkan M Umbar Santoso merupakan salah seorang terdakwa tindak pidana korupsi terkait pembangunan Pasar Warung Serba Ada (Waserda) di Kecamatan Dolok Masihul, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sergai Tahun Anggaran (TA) 2008.


Hal itu dibenarkan Kajari Sergai Muhammad Amin melalui Kasi Intel Agus Adi Atmaja saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (31/5/2022) lewat sambungan WhatsApp (WA).


Oknum Dirut PT DUS  M Umbar Santoso kurang lebih 3,5 tahun berstatus Daftar Pencarian Orang (DPO) dan berhasil diamankan tim Tangkap Buronan (Tabur) Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut), Rabu petang (2/2/2022) lalu.


Menurut Kasi Penkum Yos A Tarigan, Kamis (3/2/2022), M Umbar Santoso diamankan dari rumahnya di bilangan Komplek Perumahan Graha Banguntapan, Kelurahan Jambidan, Kecamatan Banguntapan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan tidak ada perlawanan.


(Gb--Raf)

Loading...