Notification

×

Iklan

Iklan

Menang Dramatis atas Denmark, Inggris Susul Italia ke Final

8 Jul 2021 | 10:33 WIB Last Updated 2021-07-08T03:33:07Z

Selebrasi pemain Inggris, Harry Kane usai menjebol gawang Denmark dalam pertandingan semifinal Piala Eropa 2020 di Wembley stadium, Kamis (8/7/2021). (Foto: AP/Pool/Laurence Griffiths)

GREENBERITA.com || 
Timnas Inggris sukses melaju ke final Euro 2020 usai mengalahkan Timnas Denmark di Stadion Wembley, Kamis (8/7/2021).


Pertandingan harus dilanjutkan ke babak tambahan setelah selama 90 menit waktu normal, Timnas Inggris ditahan imbang Timnas Denmark dengan skor 1-1.


Informasi yang dilansir dari laman Bola.com, Mengamuk pada babak tambahan, Harry Kane menjadi penentu kemenangan Timnas Inggris meski penaltinya sempat ditepis kiper Timnas Denmark, Kasper Schmeichel. Skor 2-1 memastikan The Three Lions lolos untuk kali pertama ke final Piala Eropa.


Babak I


Ngotot, itulah yang tergambar pada awal babak pertama. Timnas Inggris mencoba memainkan ritme lambat, namun Timnas Denmark memaksa laga berjalan dengan tempo cepat.


Peluang pertama lahir menit 12' melalui upaya Raheem Sterling. Tendangannya mengarah ke gawang, tapi tak cukup kuat untuk menembus gawang Kasper Schmeichel.


Harry Kane juga mendapatkan peluang menit 15', disusul upaya Pierre-Emile Hojbjerg tak lama berselang. Dua peluang tersebut urung mengubah papan skor.


Gol yang dinanti publik Wembley tersaji menit 30'. Bukan Inggris yang membuka skor, melainkan Denmark melalui tendangan bebas istimewa Mikkel Damsgaard.


Timnas Inggris menutup babak pertama dengan gol penyama kedudukan menit 39'. Bek Simon Kjaer yang mencoba menghalau crossing Bukayo Saka malah membobol gawangnya sendiri.


Babak II

Penjaga gawang Inggris Jordan Pickford (kiri atas) bangkit untuk meninju bola selama pertandingan sepak bola semifinal UEFA EURO 2020 antara Inggris dan Denmark di Stadion Wembley di London pada 7 Juli 2021.

Timnas Inggris yang tak mau mengecewakan pendukungnya di Stadion Wembley nyaris berbalik memimpin andai sundulan Harry Maguire tidak ditahan Schmeichel.


Memasuki menit 67', Denmark melakukan tiga pergantian pemain sekaligus. Damsgaard sang pencetak gol ditarik keluar, dan satu pemain yang dimasukkan adalah Yussuf Poulsen.


Inggris pun demikian, Bukayo Saka sang inisiator terciptanya gol The Three Lions diganti. Masuk sebagai penggantu adalah Jack Grealish.


Laga berjalan sedikit melamban seusai kedua tim melakukan pergantian pemain. Sejumlah pelanggaran juga mewarnai pertengahan babak kedua.


Ketegangan sempat terjadi menit 74' saat Harry Kane terjatuh di kotak penalti. Akan tetapi, wasit malah memberikan tendangan bebas kepada Denmark.


Hingga babak kedua berakhir, tak banyak peluang yang tercipta. Skor 1-1 bertahan, pertandingan pun dilanjutkan ke babak tambahan.



Babak Tambahan


Timnas Inggris langsung mengamuk pada babak tambahan. Peluang demi peluang didapat anak asuh Gareth Southgate, dan gol terwujud memasuki menit 104'.


Kemelut di muka gawang Denmark membuat lini pertahanan mereka melakukan pelanggaran di kotak terlarang. Penalti untuk Inggris!


Harry Kane menjadi algojo. Tendangannya sempat ditepis oleh Schmeichel, namun bola rebound disambar dan berbuah gol.


Timnas Denmark baru sanggup menguasai permainan pada babak tambahan kedua. Akan tetapi, seakan kehabisan bensin, saat bola dalam penguasaan Inggris, Kjaer dkk. malah mengurangi intensitas serangan.


Sejarah tercipta saat wasit meniup peluit panjang. Untuk kali pertama, Timnas Inggris lolos ke final Piala Eropa!



Susunan Pemain


- Inggris (4-2-3-1): Pickford; Walker, Stones, Maguire, Shaw; Rice, Phillips; Saka, Mount, Sterling; Kane


-Denmark (4-3-3): Schmeichel; Christensen, Kjaer, Vestergaard; Stryger, Delaney, Hojbjerg, Maehle; Braithwaite, Dolberg, Damsgaard