Keluhan Buruknya Layanan Bindes Tak Ditanggapi, Warga Sitamiang Ancam Geruduk Dinkes Samosir -->

VIDEO

Keluhan Buruknya Layanan Bindes Tak Ditanggapi, Warga Sitamiang Ancam Geruduk Dinkes Samosir

angga sagala
Rabu, 14 Juli 2021

Saruam Bosi Gultom (67)

SAMOSIR, GREENBERITA.com-
Pelayanan Bidan Desa yang berada di Puskesmas Pembantu Desa Sitamiang, Kecamatan Onan Runggu Kabupaten Samosir dikeluhkan oleh warga.


Salah satu keluhan disampaikan oleh Saruam Bosi Gultom (67) ketika mengunjungi redaksi Greenberita pada Selasa, 15 Juni 2021.


"Bidan desa boru Simanjuntak itu tidak mau mengobati saya ketika sakit," ujar Saruam Bosi.


Menurutnya, ketika dipanggil hendak mengobati dirinya oleh sang istri, bidan tersebut sedang berada di sampingi rumah Saruam Bosi Gultom ketika berkunjung ke rumah tetangga nya.


"Tapi dia menolak dengan alasan tidak ada obatnya, dan ketika keluarga saya hendak mengantar nya untuk mengambil alat medis dan obat nya, bidan tersebut tetap menolak," jelas Saruam Gultom.


Karena tidak bisa menahan sakit, akhirnya Saruam Gultom dibawa oleh keluarganya ke klinik Katolik yang berada di ibukota Kecamatan Onan Runggu.


"Kami harus membayar 1,4 juta rupiah akibat penolakan bidan desa tersebut, padahal dia sudah dibiayai oleh negara," keluh Saruam


Kedepannya, warga Desa Sitamiang meminta Dinas Kesehatan Samosir untuk memanggil dan memberikan teguran kepada bidan desa tersebut karena menolak mengobati warganya.


Ketika dikonfirmasi kepada Kabid Pelayanan Dinas Kesehatan Kabupaten Samosir, Berman Situmorang mengaku akan segera memanggil bidan yang bersangkutan.


"Kami akan segera memanggilnya dan melakukan konfirmasi kepada bidan tersebut," ujarnya.


Ketika dikonfirmasi perkembangan keluhan nya terkini, Saruam Bosi Gultom mengaku sampai saat ini belum ada tanggapan apapun dari Dinas Kesehatan Samosir.


"Sampai saat ini belum ada tanggapan apapun dari Dinkes Samosir, kami sangat sesalkan itu dan kami akan datangi Dinkes Samosir bila tidak ada respon apapun," tegas Saruam Bosi Gultom ketika dikonfirmasi Greenberita pada Rabu, 14 Juli 2021.


Dia mengaku telah bertelepon langsung kepada Plt Kadis Kesehatan Samosir Drg Subarta Sagala namun tidak ada respon apapun.


"Saya sudah telepon namun tak ada respon apapun, bila 2 x 24;jam dia tidak datang, kami akan datangi Dinkes Samosir," tegasnya lagi.


Bagaimana keluhan warga Desa Sitamiang dan pernyataan Kabid Pelayanan Dinas Kesehatan Samosir, simak pada tayangan berikut ini:


Loading...