Notification

×

Iklan

Iklan

Hari ke-2 Rakernas, KMDT Resmikan Desa Binaan Sekawasan Danau Toba

10 Apr 2021 | 17:06 WIB Last Updated 2021-04-10T10:06:50Z

 Hari kedua Rakernas I Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT), Ketua Umum Edison Manurung bersama rombongan melakukan peresmian Desa Binaan KMDT se-kawasan Danau Toba.

GREENBERITA.com
- Hari kedua Rakernas I Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT), Ketua Umum Edison Manurung bersama rombongan melakukan peresmian Desa Binaan KMDT se-kawasan Danau Toba.


Peresmian dilakukan di Pantai Pasifik,  Porsea Kabupaten Toba Sumatera Utara pada Sabtu, 11 April 2021.


Kegiatan yang dihadiri perwakilan Kementerian Koperasi RI dan Wakil Bupati Toba Tonny Simanjuntak, SE sekaligus melakukan pemberian KUR dari BNI dan BRI ke Pengusaha Binaan KMDT se-kawasan Danau Toba.


Tampak pelaku UKM di kawasan Danau Toba melakukan pameran produksi asli Danau Toba di stand yang disediakan oleh panitia KMDT.


Sebelumnya diberitakan, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo membuka resmi secara virtual kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pertama Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT)  di Labersa Toba Hotel Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara pada Jumat, 9 April 2021.


Dalam sambutannya, Ketua Umum KMDT, Edison Manurung menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung KMDT selama ini terlebih dalam konsep pengembangan program KMDT serta sinergisitas kerja sejak terbentuk pada tahun 2019 lalu. 


"Rakernas pertama ini kita menekankan pada program pengorganisasian rencana strategis, anggaran keuangan serta pembahasan isu-isu nasioal dan lokal yang bersinggungan langsung dengan Danau Toba," ujar Edison Manurung.


Setelah Rakernas, KMDT akan melaporkan hasil Rakernas serta hasil kajian-kajian tim perumus KMDT termasuk rekomendasi untuk menutup seluruh keramba yang ada di Danau Toba kepada Presiden Jokowi.


"Bahkan rekomendasi penutupan keramba di Danau Toba akan kita serahkan kepada Presiden RI Joko Widodo," tambah Edison disambut tepuk tangan peserta Rakernas. 


Lanjut Edison, KMDT hadir dari masyarakat dan untuk masyarakat, oleh karena itu KMDT melakukan inventarisasi permasalahan Danau Toba dan mencari solusi atas permasalahan tersebut. 


Dalam Rakernas ini juga akan dilakukan penyerahan bea siswa kepada 100 mahasiswa dari Universitas Terbuka (UT) lewat kerjasama yang dibangun KMDT dengan Rektor UT, penyerahan KUR hasil kerjasama dengan Bank BRI dan BNI kepada 20 pengusaha UMKM se kawasan Danau Toba. 


"Semoga Rakernas ini dapat berjalan dengan baik dan dapat menghasilkan pemikiran dan program kerja yang akan dilaksanakan oleh KMDT ke depannya," pungkas Edison. 


Sementara itu, Ketua KMDT Kabupaten Toba, Effendi P. Napitupulu mengharapkan agar melalui KMDT ini dapat dijadikan sebagai wadah untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas SDM sehingga unggul di bidang kepariwisataan, ekonomi kerakyatan melalui koperasi dan UMKM, lingkungan hidup, dan pemberdayaan melalui pelatihan sehingga nantinya memberi manfaat bagi masyarakat Danau Toba secara berkelanjutan. 


"KMDT ini dibentuk untuk meningkatkan pariwisata Danau Toba, dengan mendorong terciptanya SDM unggul yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat. Kiranya, lewat Rakernas pertama ini, KMDT akan tumbuh sebagai organisasi yang kokoh dan penopang perkembangan pariwisata Danau Toba," imbuh Effendi Napitupulu yang juga sebagai Ketua DPRD Toba.


Rakernas KMDT pertama ini juga dilakukan secara virtual zoom yang diikuti oleh Menteri Kemaritiman dan Investasi RI, Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo, Menteri Koperasi dan UMKM RI, Teten Masduki, Menteri Parekraf RI, Sandiaga Uno, Menteri Perindustrian RI, Dr.Agus Gurmiwang Kartasasmita, Ketua MPR RI, H.Bambang Soesatyo, Gubernur Sumut,Edy Rahmayadi, Direktur BPODT, Jimmy Bernardo Panjaitan, Ketua DPRDSU, Drs.Baskami Ginting, dan Kapolda Sumut, Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak.



Menteri Koperasi dan UMKM RI, Teten Masduki mengucapkan selamat atas pelaksanaan Rakernas KMDT pertama "Semoga bermanfaat serta mampu menghasilkan keputusan terbaik untuk pengembangan UMKM dan pariwisata  Danau Toba hingga terkenal ke seluruh dunia," ujar Teten Masduki. 


Rakernas KMDT ditandai dengan pemukulan gondang sambilan oleh Ketua Umum KMDT, Edison Manurung didampingi Ketua DPRD Sumut, penasehat KMDT H.Hutahayan, Ketua KMDT Kab.Toba dan beberapa tokoh KMDT lainnya.

(gb-rizal/rel)