Notification

×

Iklan

Iklan

Gardu Induk Gunung Tua-Sibuhuan Resmi Beroperasi, Peluang Investasi di Paluta dan Palas Semakin Terbuka Luas

10 Apr 2021 | 21:11 WIB Last Updated 2021-04-10T14:11:51Z


Suasana Gardu Induk Gunung Tua-Sibuhuan dari rekam udara/foto : ist

GREENBERITA.com - PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sumatera Bagian Utara (UIP Sumbagut) secara konsisten, terus melakukan pembangunan infrastruktur ketenalistrikan guna pemenuhan kebutuhan listrik. Langkah itu juga dilakukan sekaligus guna menjaga keandalan sistem kelistrikan di Sumatera Utara dan Aceh sebagai wilayah kerjanya.


Bukti konsistensi itu terlihat saat PLN UIP Sumbagut melalui Unit Pelaksana Proyek Jaringan Sumatera 2 (UPPJS 2) Padangsidimpuan, pada hari Jum'at, 9 April 2021 kemarin, kembali berhasil menyelesaikan pembangunan proyek strategis ditandai dengan pelaksanaan pemberian tegangan (energize) Transmisi 150 kV & Gardu Induk 150 kV Gunung Tua serta GI. Sibuhuan dengan kapasitas trafo daya 60 MVA.

"Terimakasih yang sebesar-besarnya kami sampaikan kepada pemerintah setempat, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama serta seluruh masyarakat yg sangat mendukung penyelesaian proyek ini. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Manajemen PLN (UIP Sumbagut, UIP P3BS dan UIW Sumatera Utara dan seluruh Tim PLN yg tdk dapat kami sebutkan satu persatu, yang telah terlibat atas doa, dukungan, arahan, sinergi dan motivasi yg diberikan sehingga proyek ini dapat diselesaikan," terang Manager UPPJS 2 Alfredo Pakpahan, Sabtu (10/4/2021).


Alfredo juga menjelaskan, pembangunan Transmisi dan Gardu Induk itu dikerjakan oleh mitra PLN : PT Sapta Guna Utama dan KSO PT Sibrama Sakti-PT Swakarya.  

"Lokasi pekerjaan membentang dari Kabupaten Padanglawas Utara dan Kabupaten Padanglawas. Adapun Kapasitas trafo daya di GI Sibuhuan  sebesar 60 MVA dan Transmisi 150 kV Gunung Tua - Sibuhuan sepanjang 120 kms dengan total tower sebanyak 203 set ," urainya.

Mennggapi keberhasila itu, GM PLN UIP Sumbagut Octavianus Padudung menjelaskan, dengan beroperasinya GI Sibuhuan, dipastikan bakal meningkatkan keandalan dan kualitas listrik di 2 kabupaten tersebut.

"Di samping itu juga akan membuka peluang investasi sekaligus berpotensi dibangunnya pabrik-seperti PKS serta infrakstruktur lainnya," sebutnya.

"Dengan energize ini, semoga bermanfaat bagi masyarakat, PLN, dan menjadi amal ibadah bagi kita semua. Selamat untuk kita semua. Selamat buat PLN UPPJS 2 dan PLN UIP Sumbagut," pungkas Padudung. (Yan)