Notification

×

Iklan

Iklan

Kunjungi Borobudur, Menko Luhut Dorong Percepatan Pembangunan Anjungan Cerdas

16 Feb 2021 | 21:33 WIB Last Updated 2021-02-17T07:37:14Z

Pembangunan infrastruktur Anjungan Cerdas Magelang.

GREENBERITA.com
- Dalam rangka percepatan dan pengembangan kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas Borobudur, Asisten Deputi Infrastruktur Dasar, Perkotaan, dan Sumber Daya Air (Asdep IDPSDA), Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Rahman Hidayat di Jakarta (Selasa, 16-02-2021) mengungkapkan, "Kami ingin segera mempercepat pembangunan infrastruktur Anjungan Cerdas Magelang. Kami akan terus lakukan konsolidasi lintas sektor agar pekerjaan dapat selesai tepat waktu." 


Anjungan Cerdas Kabupaten Magelang merupakan salah satu proyek yang tercantum dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 79 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi Kawasan Kendal-Semarang-Salatiga-Demak-Grobogan, Kawasan Purworejo-Wonosobo-Magelang-Temanggung, dan Kawasan Brebes-Tegal-Pemalang.


Percepatan pembangunan anjungan cerdas ini diharapkan mampu mendukung pengembangan Kawasan Wisata Borobudur, mengingat pembangunannya masuk dalam Zona 4 Kawasan Wisata Borobudur yang hanya berjarak 7,8 kilometer. Pembangunan ini diperkirakan akan memakan nilai investasi sebesar Rp1,1 triliun.


Sebelumnya, Kemenko Marves telah melakukan kunjungan lapangan pada Selasa (09-02-2021) ke rencana lokasi Pembangunan Anjungan Cerdas di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Pada kunjungan tersebut, Kemenko Marves didampingi oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Magelang beserta jajaran, juga perwakilan dari Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Jawa Tengah. 


Di sela-sela kunjungan lapangan, Ketua DPRD Kabupaten Magelang menjelaskan bahwa Anjungan Cerdas Kabupaten Magelang akan difungsikan untuk beberapa hal. Pertama, sebagai tempat istirahat (rest area) dalam suatu rangkaian perjalanan. Kedua, tempat Informasi dan orientasi perjalanan dalam suatu kawasan. Ketiga, pusat informasi, pemasaran produk, dan potensi sumber daya lokal/setempat. Keempat, ruang informasi, edukasi, dan interpretasi Kawasan Budaya Borobudur dan Creative Hub–Culture Creative Space pengembangan ekonomi kreatif di kawasan Borobudur.


Anjungan Cerdas merupakan salah satu gerbang pintu masuk Borobudur, tetapi akan dibangun pula pintu gerbang di Blondo Mungkid, Kembanglimus, dan Klangon Kulonprogo. Untuk pembangunan Gerbang Palbapang sendiri, nantinya akan diintegrasikan dengan jalan tol dari Bawen menuju Yogyakarta.


Dalam pembangunan Anjungan Cerdas ini, pemerintah pusat bekerja sama dengan pihak ketiga, dengan melibatkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang terkait perizinan. Saat ini pun sedang dibuat master plan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Tengah. Rencananya, pembangunan Anjungan Cerdas Palbapang akan dibangun seluas 7 hektar.

(gb-rizal/rel)