Notification

×

Iklan

Iklan

Kenapa Mobil Damkar Hibah Korsel Belum Tiba ke Samosir?

26 Feb 2021 | 02:01 WIB Last Updated 2021-02-25T19:05:15Z

Sahat M Situmeang
GREENBERITA.com- Kabar mobil pemadam kebakaran (Damkar) bantuan hibah dari Pemerintah Provinsi Geonggy, Korsel melalui Kementerian Dalam Negeri RI ternyata sampai sekarang belum tiba di Samosir.

Sebelumnya penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Dirjen BAK Kemendagri, Eko Subowo bersama Pimpinan Delegasi Provinsi Geonggy, Park Song Ju di gedung Kemendagri Jakarta pada Rabu, 25 September 2019 lalu.
Kedepannya Mobil Damkar itu diharapkan bermanfaat dalam mengantisipasi kebakaran di Samosir dengan melibatkan tenaga teknis dan ahli, agar pengoperasiannya lebih maksimal.
Namun sampai sekarang mobil Damkar itu belum tiba di Samosir dengan berbagai alasan permasalahannya. Ketika dikonfirmasi, Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat dan Damkar Dinas Satpol PP Kabupaten Samosir, Sahat M Situmeang menjelaskan, penyebab kendaraan hibah tersebut belum tiba di Samosir berkaitan dengan sistem Damkar dimaksud. "Proses penggantian kemudi dari sebelah kiri menjadi kemudi kanan, termasuk komponen lainnya," sebutnya. Ia mengungkapkan, komponen Damkar itu belum terkoneksi ke masternya dengan peralatan itu dan ECU-nya lagi diperbaiki teknisi. Ketika ditanya berapa anggaran yang sudah dipergunakan untuk memperbaiki mobil Damkar dari Korea Selatan itu, Sahat merinci sampai sekarang baru Rp 40 juta dari APBD.
(gb-rizal/rel) Bagaimana penjelasan lengkap Sahat Situmeang, saksikan tayangan berikut ini.,