Notification

×

Iklan

Iklan

Jelang Pilkada, KPU Samosir Gelar Simulasi Putungsura

23 Nov 2020 | 13:50 WIB Last Updated 2020-11-23T06:52:37Z

KPUD Samosir melaksanakan Kegiatan Simulasi Pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan aplikasi SIREKAP

SAMOSIR,GREENBERITA.com- 
Guna mensukseskan Pilkada 2020 di Samosir, KPUD Kabupaten Samosir melaksanakan Kegiatan Simulasi Pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan aplikasi SIREKAP di tingkat TPS yang dilaksanakan di Tanah Lapang, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, pada 21 November 2020.

Peserta dalam Simulasi ini adalah pemilih nyata dari TPS 1 Pangururan dan dihadiri komisioner Robinsar Junedi Barus selaku Divisi Teknis KPUD Kabupaten Samosir saat dikonfirmasi greenberitacom.


"Sebagaimana Program Nasional bahwa tanggal 21 November 2020, di seratus Kabupaten/Kota di Indonesia yang melaksanakan Pemilukada, melakukan Simulasi," jelas Robinsar.


Robinsar juga menjelaskan bahwa di dalam kegiatan ini juga diperkenalkan aplikasi yang bernama Sistem Informasi Rekapitulasi Elektronik (SIREKAP). 


Menurutnya, meskipun di dalam rapat KPU RI dengan Komisi II dan Mendagri, bahwa SIREKAP bukan menjadi acuan penting dalam pelaksanaan, tetapi SIREKAP bagi KPUD Samosir adalah hal yang perlu dikenalkan ke Publik dalam rangka menjaga transparansi dan menjaga kualitas Pemilukada 2020.


Pada kegiatan ini KPUD Samosir mengundang Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), beberapa Lembaga yang punya kepentingan langsung terhadap Pilkada Kabupaten Samosir, Liaison Officer (LO) dari pasangan Calon, serta Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).


Di akhir kesempatan, Robinsar berharap agar Masyarakat Samosir menggunakan hak pilih untuk memilih pemimpin yang baik dan benar.


"Saran kami untuk masyarakat Kabupaten Samosir, pergunakanlah hak pilih yang ada, berikan kesempatan memilih pemimpin yang baik dan benar menurut hati nurani kalian masing-masing, dan menolak money politic (politik uang, red), demokrasi yang berkualitas ditentukan dari proses pemilihan yang benar" harap Robinsar Barus.


Dilokasi yang sama, Eni Mustikawati Malau anggota PPK dari Kecamatan Harian Boho yang menghadiri kegiatan Simulasi beranggapan bahwa masyarakat di Tanah Lapang Pangururan terlihat antusias mengikuti Simulasi pemungutan dan penghitungan Suara.


"Walaupun hujan akan tetapi banyak juga yang datang bang" ujar Eni Malau.


Eni berharap kepada seluruh Masyarakat Samosir yang telah memiliki hak pilih, saat datang ke TPS  untuk tetap mengikuti  protokol kesehatan.***(gb-elim09)