Aksi Donor Darah PMI dan Polres Samosir Kumpulkan 22 Kantong Darah

VIDEO

Aksi Donor Darah PMI dan Polres Samosir Kumpulkan 22 Kantong Darah

Green Berita
Selasa, 16 Juni 2020

SAMOSIR,GREENBERITA.com- Palang Merah Indonesia Kabupaten Samosir bekerjasama Kepolisian Resor Samosir menggelar aksi donor darah dalam rangka menyambut Hari Bayangkara 2020 pada Selasa, 16 Juni 2020 di halaman Satlantas Polres Samosir, Pangururan.

Dalam sambutannya, Ketua PMI Samosir Juang Sinaga mengatakan bahwa Aksi Donor Darah ini sangat memberikan arti bagi pemenuhan darah bagi warga Samosir di masa pandemi Covid-19 ini.

"Ini bagaikan secercah cahaya bagi warga Samosir atas kebutuhan darah bagi warga yang membutuhkan dan aksi kemanusiaan yang luar biasa ini dilakukan Polres Samosir serta masyarakat yang menyumbangkan darahnya," ujar Juang Sinaga.

Menurut Juang Sinaga yang juga Wakil Bupati Samosir ini, Aksi Donor Darah bersama Polres Samosir ini dilakukan untuk menyikapi banyaknya kekurangan darah yang dialami warga Samosir pada masa pandemi Covid-19 ini, baik itu pasien pada perawatan di RS. Hadrianus Sinaga maupun di Puskesmas diwilayah Kabupaten Samosir. 

"Ternyata Polres Samosir semakin jelas diketahui oleh masyarakat bahwa Polres Samosir adalah lembaga yang sangat peduli dengan masyarakat dan saya atas nama PMI Samosir mengucapkan terimakasih" tambah Juang.

Sementara itu, Wakapolres Samosir Kompol CH. Simanjuntak menyambut kegiatan Aksi Donor Darah dalam rangka Hari Bhayangkara ini dilakukan di Polres Samosir.

"Semoga donor darah ini dapat menambah stok darah di RSUD Samosir dan pesan Pak Kapolres menyampaikan kepada kita untuk mendukung penuh PMI dalam pemenuhan kebutuhan darah guna menolong rakyat Samosir yang membutuhkan darah kedepannya," ujar Kompol CH. Simanjuntak.

Wakapolres Samosir ini juga meminta seluruh peserta donor darah untuk tidak takut melakukan donor darah karena semua telah dilakukan dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

"Jangan takut untuk mendonor, seperti kata pengurus PMI Samosir dokter Dina Hutapea mengatakan bahwa program donor darah ini dilakukan dengan protokol donor darah dimasa pandemi, apalagi mendonor darah itu juga baik untuk kesehatan diri sendiri," jelas Kompol.CH. Simanjuntak.

Dari kegiatan Aksi Donor Darah ini ada 30 yang mendaftar namun 7 belum dapat mendonorkan darahnya sehingga PMI Samosir berhasil mengumpulkan darah sebanyak 22 kantong dengan golongan darah A ada 8 kantong, B ada 8 kantong dan golongan darah O ada 6 kantong.

"Semua darah kita serahkan kepada RSUD Samosir dan tanpa kita pungut biaya apapun, semoga dapat melayani pasien yang membutuhkannya," jelas Sekretraris PMI Samosir, Fernando Sitanggang.

Hadir pada kegiatan donor darah tersebut Kabag Sumda Polres Samosir Kompol Elman Tambunan, Kadis Pertanian Viktor Simanjuntak, Kasat Lantas AKP Syamsul Batubara, Kasat Reskrim AKP. Suhartono dan PMR dari SMA Negeri 1 Pangururan serta dan para jurnalis yang ikut serta berbagi darahnya.

(gb-Ambros03)


Loading...