Notification

×

Iklan

Iklan

Ibadah Perdana New Normal, Ini Yang Dilakukan HKBP Buhit Samosir

14 Jun 2020 | 23:04 WIB Last Updated 2020-06-14T16:50:24Z
HKBP Resort Buhit Padugul, Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir
SAMOSIR,GREENBERITA.com- Gereja HKBP Resor Buhit Pardugul di Kabupaten Samosir secara resmi telah melakukan kegiatan ibadah didalam gereja ditengah masa pandemi Covid-19 dengan protokol kesehatan new normal sesuai dengan anjuran pemerintah, pada Minggu, 14 Juni 2020.

Pelaksanaan ibadah ini dibenarkan oleh Pendeta HKBP Resort Buhit, Pdt. Freddi Sitanggang, S.Th ketika dikonfirmasi greenberita usai ibadah minggu gelombang pertama.

"Benar, pada hari Minggu ini dimasa new normal covid-19, kita telah dimulai ibadah dengan dua gelombang yaitu pukul 09 wib dan 11 wib," ujar Pdt. Freddi Sitanggang.

Menurut pendeta yang dikenal energik ini, pembagian ibadah dengan dua gelombang ini sebagai upaya untuk mengurangi jumlah jemaat dalam rangka tetap menjaga physical distancing antar jemaat.

"Pembagian ini kita lakukan dengan dua gelombang yaitu lunggu atau lingkungan pertama dan kedua masuk pertama lalu lunggu ketiga dan keempat masuk gelombang kedua," tambahnya.

Untuk mematuhi protokoler kesehatan, selain mengatur jarak antar bangku dengan memberikan tanda silang disetiap bangku jemaat, gereja HKBP Buhit Pardugul ini juga menerapkan aturan setiap jemaat untuk mencuci tangan sebelum masuk gereja serta memakai masker.

"Aturan ini juga berlaku dalam ibadah setiap gereja HKBP diseluruh HKBP Distrik VII Samosir sebagai bentuk mengatur kapasitas dan daya tampung gereja terkait physical distancing," jelas Freddy.

Freddi Sitanggang meminta jemaat untuk kembali beribadah dengan tetap mematuhi protokoler kesehatan.

"Namun jemaat yang berasal dari zona merah diminta secara sadar terlebih dahulu melakukan isolasi karantarina diri selama 14 hari baru beribaah bersama warga, karena kedisiplinan adalah vaksin covid-19," jelasnya.

Pada ibadah Minggu di HKBP Kota Pangururan juga telah dilakukan dengan pembagian tiga gelombang yaitu jam 09.30 Wib, 11 Wib dan 17 Wib.

"Untuk ibadah di new normal ini kita terlebih dahulu melakukan penyemprotan luar dan dalam sertamenyiapkan delapan kran air, sabun dan lap tangan untuk memudahkan jemaat cuci tangan sebelum ibadah," jelas Pendeta Resort HKBP Kota, Jhon Vetra Simatupang, S.Th.

Simak pernyataan lengkap Pdt. Freddi Sitanggang dan Pdt. Jhon Vetra Simatupang pada tayangan video ini:


Ibadah Umat Muslim di Masjid Patuhi Protokoler Kesehatan

Sementara itu, salah seorang pengurus masjid Al-Hasanah Panguruan, kabupaten Samosir juga mengaku telah memperbolehkan jemaat beribadah di dalam masjid di masa new normal ini baik sholat lima waktu serta ibadah Jumat.

Hal ini disampaikan Ustadz Al-Hasanah Pangururan, Hendra Himawan Manik ketika dikonfirmasi greenberita.

"Benar, kita telah memperbolehkan ibadah lima waktu dan ibadah jumat tapi dengan mematuhi protokoler kesehatan seperti yang disampaikan pemerintah," ujarnya.

Menurutnya, pihak pengurus masjid selalu meminta jemaat untuk memakai masker dan sebelum masuk agar melakukan cuci tangan ditempat yang telah disiapkan.

"Ketika pelaksanaan sholat juga minimal berjarak setengah meter satu sama lain dan pada sholat jumat juga tetap menjaga protokol tersebut," pungkas Ustadz Hendra Himawan Manik.

(gb-ambros04)