Cegah Covid-19, Semua Pintu Masuk ke Samosir di Perketat

VIDEO

Cegah Covid-19, Semua Pintu Masuk ke Samosir di Perketat

Green Berita
Senin, 23 Maret 2020

Bupati Samosir Rapidin Simbolon Lakukan Pemeriksaan Suhu Tubuh kepada Penumpang Bus Sampri di Menara Pandang Tele, Samosir, (23/3/2020)
SAMOSIR,GREENBERITA.com- Guna mencegah tangkal penularan dan penyebaran Covid-19 ke Samosir, Pemerintah Kabupaten Samosir melakukan pemeriksaan suhu tubuh kepada para pendatang yang akan menuju Samosir di Menara Pandang Tele, Kecamatan Harian Kabupaten Samosir Sumatera Utara pada Senin, 23 Maret 2020.

Tindakan ini dilakukan petugas kepada setiap kendaraan berserta para penumpangnya dalam rangka penanganan dan pencegahan penyebaran Virus Corona di Samosir.

"Kami sekarang dari Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Samosir melakukan monitoring dipintu masuk pertama di Menara Pandang Tele. Semua kami pastikan yang masuk dari pintu tele di cek suhu tubuh nya dan bagi yang mempuyai suhu tubuh diatas 38 derajat celcius akan diberikan perlakukan khusus," tegas Bupati Samosir Rapidin Simbolon.

Perlakuan khusus yang dimaksud adalah bila suhu tubuh nya diatas 38 derajat celsius adalah warga Samosir akan dikoordinasikan dengan petugas kesehatan setempat untuk tindakan selanjutnya, namun bila bukan penduduk Samosir maka akan diberlakukan untuk kembali ketempat semula.  

"Bila yang bersangkutan ada di Bus Umum akan di-stay-kan di puskesmas Harian," ujarnya.

Kegiatan yang sama juga dilakukan dibeberapa pintu masuk ke Samosir seperti Pelabuhan Simanindo, Pelabuhan Nainggolan, Pelabuhan Mogang Palipi, Pelabuhan Ambarita, Pelabuhan Tomok dan semua titik pelabuhan akan dilakukan pemeriksaan suhu tubuh secara konsisten.

"Saat ini juga Wakil Bupati Samosir Pak Juang sedang melakukan monitoring di Nainggolan," tegasnya.

Bahkan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Samosir, Pemerintah Kabupaten Samosir juga telah resmi menutup semua lokasi wisata yang dikelola Dinas Pariwisata Samosir dari mulai 23 Maret 2020 sampai kepada waktu yang belum ditentukan.

"Supaya kami bisa mengendalikan orang-orang yang masuk ke Kabupaten Samosir ini," ujarnya.


Kapolres Samosir AKBP. M. Saleh Lakukan Langsung Pemeriksaan kepada Para Penumpang Bus Sampri
Tampak juga Kapolres Samosir AKBP. Mohammad Saleh ikut melakukan pemeriksaan suhu tubuh kepada para penumpang Bus Sampri bersama para petugas gabungan yang ikut serta melakukan pemeriksaan kepada kendaraan lainnya yang masuk ke Tele dan bila ada mobil dengan plat kendaraan luar Sumatera Utara akan dilakukan penyemprotan disinfektan di gagang pintu kendaraan untuk mematikan virus Corona yang kemungkinan lengket di kendaraan tersebut.

Mendampingi Bupati Samosir pada pengecekan suhu tubuh tersebut, Ketua Gugus Tugas Covid-19 Samosir Jabiat Sagala, Komandan Rayon Militer Kapten Panjaitan serta para petugas gabungan yang terdiri dari petugas kesehatan dari Puskesmas Harian, Dinas Pehubungan, Kepolisian Samosir dan Koramil Pangururan.

Setelah melakukan monitoring di Menara Pandang Tele, Bupati Samosir dan rombongan melanjutkan monitoring ke Pelabuhan Simanindo, Ambarita, Tomok dan Lopo Parindo.

(gb-andrey Siregar)

Loading...