Pasca PDIP Umumkan Usung Petahana Sebagai Bupati dan Wabup Samosir?

VIDEO

Pasca PDIP Umumkan Usung Petahana Sebagai Bupati dan Wabup Samosir?

Green Berita
Senin, 24 Februari 2020


Oleh: Syamsudin Sidabutar


GREENBERITA.com- Pasangan Petahana Bupati Rapidin Simbolon dan Wakil Bupati Juang Sinaga secara resmi direkomendasikan oleh DPP PDIP untuk diusung sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Samosir pada Pilkada Serentak pada tanggal 23 September 2020 nanti.

Rekomendasi pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Samosir itu diperoleh dari surat resmi DPP PDIP yang juga mengundang para calon partainya untuk penyampaian tahap awal nama para calon Kepala Daerah yang akan diusung. 

Para calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah tersebut juga telah diundang untuk penyampaian nama-nama para calon PDIP tersebut ke Kantor DPP di Jakarta, tanggal 19 Pebruari 2020.

Saya menilai bahwa pencalonan Bupati Petahana dan Wakilnya itu adalah sangat wajar dengan kinerjanya yang dinilai pimpinan PDIP dalam periode pertamanya,  apalagi  PDIP memperoleh 8 dari 24 kursi di DPRD  pada Pemilu 2019lalu.

Pada periode pertamanya, Rapidin Simbolon telah berhasil mengupayakan 2 kali kunjungan Presiden Jokowi ke Samosir yaitu pada bulan Agustus 2016 dan tahun berikutnya.

Dari hasil kunjungan Presiden Jokowi tersebut, beberapa proyek nasional yang dijanjikan Jokowi juga  terlaksana baik antara lain revitalisasi jalan ring road nasional di Pulau Samosir, pembangunan 2 kapal Ferry Ihan dan Pora-pora serta pelabuhan ferry Ambarita dan Ajibata dan jembatan Tano Ponggol dan akan dinamai Jembatan Dalihan Natolu yang sedang dibangun serta proyek-proyek lainnya.

Presiden Jokowi yang terpilih dengan mayoritas 97% suara pemilih di Kabupaten Samosir telah mewujudkan komitmennya kepada rakyat pemilihnya di Samosir.

Oleh karena itu, sesuai dengan rencana Pemerintah Indonesia yang kini memprioritaskan program pembangunan pariwisata di kawasan Danau Toba, mestinya didukung sepenuhnya oleh Kepala dan Wakil Kepala Daerah yang "committed" terhadap percepatan kemajuan Samosir.

Dengan terwujudnya segera infrastruktur dan banyaknya kunjungan wisatawan nasional dan manca negara,  yang didukung produk-produk pertanian, jaminan kesehatan dan pendidikan tingkat SLTA, peningkatan kwalitas dan pelestarian seni, situs dan  budaya Batak serta meningkatnya pendapatan per capita masyarakat Samosir diharapkan kemajuan Samosir dan  rakyatnya akan lebih cepat tercapai dan sejahtera.

Untuk itulah, masyarakat Samosir sangat membutuhkan dan penting mendukung calon Bupati dan Wakil Bupati yang siap dan konsisten mewujudkan pembangunan di berbagai bidang dan semakin cepatnya sejahtera masyarakat Samosir.

(penulis adalah mantan diplomat Kemenlu RI dan jurnalis greenberita di Jakarta)

Loading...