Ini Desa Yang Dianggap Rawan Pada Pilkades Serentak di Samosir

VIDEO

Ini Desa Yang Dianggap Rawan Pada Pilkades Serentak di Samosir

Green Berita
Rabu, 30 Oktober 2019

Desa Yang Dianggap Rawan Pada PilkadesSerentak di Samosir
PANGURURAN,GREENBERITA.com- Jelang pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Samosir yang tinggal sehari lagi, Polres Samosir melakukan identifikasi kerawanan desa yang melakukan pilkades sebagai upaya untuk pengamanan pelaksanaan pilkades.

Hal ini dibenarkan Kapolres Samosir melalui Kabag Ops Polres, Kompol Bernad Naibaho, S.Sos ketika dikonfirmasi greenberita.com pada Rabu, (28/10/2019) melalui selulernya.


"Demi pengamanan pilkades serentak di Kabupaten Samosir, kita telah identifikasi terhadap desa yang dianggap rawan pada pilkades ini. Adapun informasi ini kita himpun dari para Camat, Danramil dan para Kapolsek" ujar Kompol Naibaho.


Rapat Koordinasi Persiapan Pilkades Serentak di Aula Kantor Bupati Samosir, Senin,(28/10/2019)
Berikut adalah daftar desa yang dianggap rawan diseluruh desa di Kabupaten Samosir yang melakukan pilkades yaitu Kecamatan Pangururan:
# Desa Pardomuan I
# Dssa Rianitae
# Desa Aek Nauli
# Desa Lumban Suhi Toruan
# Desa Situngkir
# Desa Lumban Suhi Dolok
# Desa Pardomuan Nauli

Pada Kecamatan Sianjur Mula mula, yaitu:
# Desa Bonan Dolok
# Desa Hasinggahan
# Desa Ginolat
# Desa Sarimarrihit
# Desa Aek Sipitu Dai
# Desa Huta Ginjang

Sedangkan Kecamatan Nainggolan yaitu:
# Desa Huta Rihit
# Desa Pangaloan
# Desa Sibonor Ompuratus
# Desa Nainggolan
# Desa Sinaga Uruk Pandiangan
# Desa Sipinggan Lumban Siantar
# Desa Pasaran Parsaoran

Juga ada di Kecamatan Onan Runggu yaitu:
# Desa Silima Lombu
# Desa Onan Runggu
# Desa Pardomuan

Pada Kecamatan Simanindo yaitu:
# Desa Pardomuan
# Desa Cinta Dame

Untuk Kecamatan Palipi yaitu:
# Desa Sigaol Simbolon
# Desa Parsaoran Urat
# Desa Hatoguan
# Desa Sigaol Marbun
# Desa Urat Timur
# Desa Gorat Parlombuan

Sedangkan  di Kecamatan Sitiotio yaitu:
# Desa Sabulan
# Desa Holbung
# Desa Janji Raja
# Desa Cinta Maju

Dan di Kecamatan Harian yaitu:
# Desa Sampur Toba
# Desa Dolok Raja
# Desa Turpuk Limbong
# Desa Turpuk Malau


Untuk pengamanannya Polres Samosir juga telah mendatangkan 110 personil polisi dalam bentuk BKO (Bantuan Keamanan Operasi) dari polres tetangga yaitu dari Polres Tobasa, Dairi dan Humbahas.

Hal ini dibenarkan Kapolres Samosir melalui Kabag Ops Polres, Kompol Bernad Naibaho, S.Sos ketika dikonfirmasi greenberita.com pada Rabu,(30/10/2019) di Mako Polres Samosir disela Apel Gabungan dan Kesiapan Linmas Pilkades.

"Demi pengamanan pilkades serentak di Kabupaten Samosir, kita telah mendatangkan 110 personil polisi BKO dari polres tetangga yaitu Polres Dairi, Tobasa dan Humbahas. Seluruh personil tersebut terdiri dari 2 perwira dan lainnya bintara yang sedang dalam perjalanan ke Samosir," ujar Kompol Naibaho.

Pada pengamanan tersebut, polisi akan menempatkan satu sampai dua personil dalam satu TPS di setiap Desa. "Dua personil mengawasi dua tps, tergantung kerawanannya" ujarnya.

Sementara itu, Bupati Samosir melalui Kabag Pemerintahan Pemkab Samosir, Agustianto Sitinjak,AP.MM mengatakan bahwa akan ada 314 calon kepala desa (kades) yang berkompetisi memperebutkan 96 Kursi Kepala Desa di 9 Kecamatan seluruh Kabupaten Samosir.

"Pada Pilkades Serentak 31 Desember 2019 nanti, ada 314 calon kepala desa memperebutkan 96 kursi kepala desa, dan diantara 314 calon kadestersebut ada 14 perempuan yang ikut serta menjadi calon kades," ujar Agustianto ketika dikonfirmasi greenberita.com pada Rabu,(30/10/2019).

Menurutnya, saat ini pihaknya telah selesai melakukan pelipatan surat suara dan distribusi logistik pilkades sedang dilaksanakan. "Setelah selesai pelipatan, surat suara dan seluruh logistik pilkades akan didistribusikan ke 96 desa yang menyelenggarkan di 9 kecamatan itu mulai hari ini," tambahnya.

Dari jumlah 209 TPS yang tersebar diseluruh kecamatan Kabupaten Samosir pada pilkades ini akan ada daerah tertentu yang logistik pilkadesnya langsung diberikan kepada TPS pada hari-H karena pertimbangan tempat dan letak geografisnya.


(gb-pardo)

Loading...