Harimau Masuk Perkebunan dan Memangsa Sapi Warga Langkat

VIDEO

Harimau Masuk Perkebunan dan Memangsa Sapi Warga Langkat

Senin, 28 Oktober 2019

Dimangsa harimau, lembu betima milik warga Dusun Pulo Pisang Desa Timbang Lawan, Bahorok, mati, daging bagian tengkuk lembu dimakan harimau
LANGKAT, GREENBERITA.com- Masyarakat di pinggiran perkebunan yang berbatasan dengan kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatra Utara perlu lebih waspada dan berhati - hati dengan harimau Sumatra yang telah memasuki kawasan perkebunan. Satwa dilindungi itu telah mangsa 2 ekor ternak sapi/lembu milik penduduk di Desa Timbang Lawan Kecamatan Bahorok, dan ini kejadian yang kedua kalinya.

Dilansir dari Medanbisnisdaily, Camat Bahorok  Nuriansyah Putra, Senin (28/10/2019) mengatakan, harimau memangsa seekor lembu warga Desa Timbang Lawan Kecamatan Bahorok kemarin. Sebelumnya pada Agustus 2018, harimau Sumatera juga telah memangsa seekor lembu milik Jumiran, penduduk Desa Timbang Lawan, Bohorok.

Balai TNGL untuk sementara telah menutup kawasan itu bagi aktivitas masyarakat untuk menghindari hal -hal yang tidak diinginkan, kemungkinan harimau masih di sekitar bangkai lembu yang belum habis di mangsanya.

Menurut Jumiran (54) warga di Dusun VIII Desa Timbang Lawan, Kecamatan Bahorok, kabar masuknya harimau ke permukiman, ternak sapinya dimangsa harimau pada Agustus 2018 lalu, dan kejadian itu membuat was - was warga Timbang Lawan, dan menjadi santer.

Tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara, Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL), YHWA, WCS, anggota Polsek Bahorok, pihak Kecamatan Bahorok dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Bahorok Pontius Gad Munthe, telah meninjau lokasi kejadian.

Dari lokasi, mereka menemukan seeokor sapi milik Jumiran yang sudah mati dengan kondisi yang mengenaskan di halaman.

Ada gigitan dan cakaran di bagian pundak dekat leher bagian atas, pada bagian ekor sapi juga koyak dan dagingnya hilang sekitar 10 kg.

Menurut Jumiran, sapi miliknya tersebut sengaja diasingkan dari kawanannya karena memasuki masa subur.

Malam harinya masih diawasinya hingga sekitar pukul 05.00 WIB Jumiran juga melihat sapi itu masih hidup. Sapinya yang satu ini sengaja diasingkan karena masa subur. Eh, ternyata telah dimangsa harimau.
(ars)

Loading...