Jalin Kemitraan, Polres Samosir Silaturahmi Dengan LSM dan Jurnalis

VIDEO

Jalin Kemitraan, Polres Samosir Silaturahmi Dengan LSM dan Jurnalis

Green Berita
Senin, 03 Juni 2019

Polres Samosir Lakukan Silahturahmi Bersama LSM dan Jurnalis
PANGURURAN,GREENBERITA.com- Kepolisian Resor Samosir melakukan pertemuan dengan para kaum jurnalis dan LSM seluruh Kabupaten Samosir dalam rangka Silaturahmi menyambut liburan lebaran di Aula Wira Satya Polres Samosir, Senin, (3/6/2019.

Pada pertemuan yang dipandu langsung Kapolres Samosir, AKBP. Agus Darojat, S.Ik bersama seluruh Kasat dan stafnya serta dihadiri oleh unsur jurnalis dari seluruh media dan para aktivis LSM.

Kapolres Samosir sempat menyinggung aksi demonstrasi damai yang dilakukan oleh Aliansi Wartawan dan LSM yang dilakukan seminggu lalu, (27/5/2019) di Mapolres Samosir dan meminta para jurnalis dan LSM agar menyampaikan aspirasinya secara langsung.

"Kebetulan ketika aksi damai kawan-kawan jurnalis minggu lalu saya ada tugas di Polda. Saat ini mungkin dapat disampaikan langsung kepada saya supaya dapat saya jelaskan satu persatu. Ini adalah ruang untuk kita supaya dapat memberikan masukan, tuntutan kepada kita atau yang berkepentingan atas kasus yang jadi topik demonstrasi lalu, supaya kita dapat memberikan gambaran atas apa yang disampaikan kawan jurnalis sehingga kemitraan tetap berjalan dengan baik," tutur AKBP. Agus Darojat.

Walau suasana sempat sedikit tegang, namun akhirnya dapat dicairkan dengan pernyataan seorang wartawan senior, Efendy Naibaho.

"Pertama terimakasih kepada Polres Samosir melalui Pak Kapolres bahwa pelaksanaan pemilu 2019 berjalan aman dan damai serta sukses. Kemudian, saya atas nama pribadi dan atas kejadian kemarin (aksi demonstrasi), saya mohon maaf. Sebenarnya wartawan itu tidak layak untuk demonstrasi gitu, bagusnya bapak (polisi) itu dikejar terus (terkait perkembangan kasus,red), kalau itu baru wartawan. Sekali lagi saya mewakili diri saya, sebagai wartawan ya nggak lah (aksi demonstrasi tentang kasus), tapi kalau LSM ya monggo. Selama ini bapak (Kapolres) saya kira respon dan hubungan cukup baik dan kedepannya kita lanjutkan," tutur Efendy Naibaho yang disambut tawa dan tepuk dari jurnalis lainnya.


Kapolres Samosir AKBP Agus Darojat Pimpin Silaturahmi di Mapolres Samosir, (3/6/2019)
Diakhir sambutannya, AKBP. Agus Darojat menyampaikan bahwa lembaga kepolisian RI yang berdiri pada tahun 1946 adalah institusi yang besar dengan anggota sekitar 420.000 anggota, dan saat ini penataan-penataan reformasi tetap dilaksanakan dengan evaluasi yang berlangsung tiap minggunya sehingga bila anggota dirasa tidak baik maka akan diganti.

"Setiap kasus punya dinamika sendiri dan tergantung waktu pembuktiannya. Ada kasus yang cepat, ada yang lama. Bila pengungkapan kasus itu lama karena kami sedang mencari alat bukti dan perlu waktu. Kami tidak sempurna tapi kami bukan berarti tidak berbuat. Kami selalu berusaha memberikan pelayanan maksimal kepada rakyat Samosir. Terkait Hutan Tele, kami tetap berkomitmen bagaimana penebangan hutan tele tidak dilanjutkan sesuai dengan aturan yang berlaku," ujar Agus.

Kedepannya, Agus Darojat berharap lembaganya dengan jurnalis dapat menjadi mitra yang baik dan saling berkontribusi. Jurnalis diharapkan dapat membuat tulisan yang baik tentang hal yang membangun Samosir termasuk permasalahan yang ada serta solusi yang diharapkan 

"Bagaimana meningkatkan pariwisata Danau Toba, bisa tentang polisi yang harus begini, pemkab yang harus begitu dan NGO yang diajak berperan serta. Mari kita bekerja profesional dengan mengesampingkan kepentingan pribadi. Kami akan selalu siap dimintai informasi terkait pemberitaan, dan anggota saya telah saya perintahkan untuk menjawap setiap pertanyaan yang diajukan para wartawan," pungkas Agus Darojat.

Agus Darojat berharap semua pihak dapat menjaga hubungan yang baik dengan pola kemitraan yang strategis dan menghindarkan provokasi yang merusak hubungan kemitraan antara Polres Samosir dengan Jurnalis dan LSM.

(green-anggi)



loading...