Notification

×

Iklan

Iklan

"Demo" di KPU Metro Akhirnya Dapat Dikendalikan Polisi

22 Mar 2019 | 22:11 WIB Last Updated 2019-09-19T07:13:48Z

METRO, GREENBERITA.com - Massa dari salah satu pendukung kontestan geram karena diduga terjadi manipulasi data. Hal itu membuat massa melakukan aksi demo sehingga berujung ricuh di depan Kantor KPU Kota Metro.

Demonstran menuntut penghitungan suara ulang. Karena tuntutannya tidak ditanggapi, demonstran memaksa masuk ke kantor KPU hingga bentrokan dengan aparat kepolisian yang mengamankan aksi tersebut. pun tidak dapat dihindari.

Pihak kepolisian berupaya melakukan mediasi untuk menenangkan demonstran agar tidak melakukan aksi anarkis. Beberapa oknun yang diduga menjadi provokasi, berhasil diamankan.

Dilansir dari Harian Momentum, Jumat (22/03/2019), demikian gambaran simulasi penerapan sistem pengamanan pemilu) yang dilakukan jajaran Kepolisian Resor (Polres) Kota Metro. Simulasi digelar di lapangan Samber Park, Jumat (22-3-2019).

Kapolres Metro AKBP. Ganda M.H Saragih mengatakan pada pemilu 17 April mendatang, pihaknya menerapkan pola pengamanan 2, 8, dan 16.

"Pola pengamanan 2,8, dan 16 itu artinya dua personil mengamankan 8 TPS, dan 16 dari Linmas. Sedangkan untuk perkuatan TNI, sesuai arahan Mabes TNI akan dilibatkan 50 meter dari TPS dan ditempatkan juga pad obyek vital apabila terjadi kerawanan, dan juga Satpol PP," terang kapolres.

Simulasi itu lanjut Kapolres agar memantapkan kesiapan personel melaksanakan tugas pengamanan pemilu.

"Polri dan TNI siap mengamankan pemilu 2019. Tentunya kami mengharapkan bantuan  dari stakeholder yang lain untuk sama-sama menjaga situasi kamtibmas agar tetap kondusif," katanya.

Mirip dengan Kapolres, Komandan Kodim (Dandim) 0411/Lampung Tengah Letkol Czi. Burhanudin menyampaikan anggtoa TNI siap membantu kepolisian untuk mengamankan pemilu 2019.

"Pasukan kami nanti ada juga yang ditempatkan di TPS untuk membantu pengamanan Polri. Pada dasarnya TNI dan Polri siap untuk mengamankan pemilu 2019 yang aman, sejuk dan damai," pungkas Dandim. (**/G5)