Notification

×

Iklan

Iklan

Generasi Millennial Harus Peduli Terhadap Keselamatan Berlalu Lintas

18 Feb 2019 | 11:23 WIB Last Updated 2019-11-10T13:22:20Z
JAMBI, GREENBERITA.com - Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum, Gubernur Jambi mengemukakan, melalui program Festival Keselamatan Millennial Road Safety, generasi muda Provinsi Jambi dapat membentuk karakter milenial yang peduli terhadap keselamatan berlalu lintas.

Sejalan dengan tujuan bersama untuk mewujudkan Generasi Milenial Cinta Lalu Lintas Menuju Indonesia Gemilang.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri Millennial Road Safety Festival (MRSF) yang diselenggarakan oleh Polisi Daerah (Polda Jambi) bertempat di lapangan depan Kantor Gubernur Jambi, Minggu (17/02/2019).

Fachrori mengatakan, Festival Keselamatan Jalan Milenial (Millennial Road Safety Festival) diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia, dari tanggal 2 Februari sampai dengan 31 Maret 2019 di 34 provinsi di Indonesia.

"Untuk Provinsi Jambi di pusatkan di lapangan depan Kantor Gubernur ini dengan tujuan agar masyarakat terutama generasi muda milenium dapat mensosialisasikan pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas," ujar Fachrori seperti dilansir dari imcnews.id.

"Pentingnya kita mensosialisasikan keselamatan berlalu lintas dilatarbelakangi oleh cenderung meningkatnya atau masih tingginya angka kecelakaan berlalu lintas dan angka fatalitas korban kecelakaan lalu lintas jalan. Secara nasional, angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas mencapai 3 sampai 4 orang setiap jam," sambung Fachrori.

Lebih lanjut Fachrori mengemukakan, secara global angka kecelakaan berlalu lintas tergolong masih tinggi.

"Secara global, angka kematian akibat kecelakaan berlalu lintas akan menjadi salah satu penyakit tidak menular dengan jumlah kematian tertinggi," jelas Fachrori.

"Di Provinsi Jambi, korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas secara rata-rata mencapai 1 orang per hari, sedangkan jumlah kecelakaan secara rata-rata mencapai 1.046 kejadian setiap tahun atau tiga kejadian pe rhari dengan jumlah korban mencapai 730 orang korban per tahun atau 2 orang perhari, selain itu korban meninggal dunia akibat kecelakaan ini juga menyebabkan kerugian material, serta kecacatan baik permanen maupun non permanen," lanjut Fachrori.

"Jika dikaitkan dengan produktivitas sumber daya manusia, kecacatan dan korban nyawa akibat kecelakaan lalu lintas ini mengancam keberlangsungan pembangunan, terlebih lagi ada kecenderungan bahwa korban kecelakaan lalu lintas ini kebanyakan dikalangan milenial atau generasi muda yang menjadi penentu keberlangsungan dan kejayaan bangsa di masa depan," ungkap Fachrori

Kapolda Jambi, Irjen Pol. Muchlis AS mengungkapkan bahwa kesalahan manusia (human error) merupakan penyebab utama kasus kecelakaan lalu lintas di Provinsi Jambi.

“Kalau di Jambi, kecelakaan lalu lintas sebagian besar disebabkan karena kesalahan pengguna kendaraan, dengan korban sebagian besar adalah generasi millenial,” ungkap Muchlis

Muchlis menjelaskan, total kecelakaan lalu lintas di Provinsi Jambi pada tahun 2018 mencapai 1.152 dan 60 persen disebabkan karena kesalahan manusia, selain kesalahan manusia, unsur alam atau masalah cuaca.

Target kegiatan Millennial Road Safety Festival adalah bagaimana Kepolisian Daerah dapat mengajak seluruh generasi muda untuk tertib berlalu lintas.

“Jadi ke depan diharapkan generasi muda kita menjadi generasi tertib berlalu lintas, mematuhi peraturan di jalan raya, dan selalu menjaga keselamatan dirinya maupun pengguna jalan lainnya,” jelas Muchlis.

Sebelumnya, Direktur Lalu Lintas Polda Jambi, Kombes Pol. Didik Mulyanto, SIK mengemukakan, kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan keamanan pengguna jalan, meningkatkan keselamatan pengguna jalan dan tentunya untuk meningkatkan budaya tertib berlalu lintas.

"Kesemuanya itu dimaksudkan untuk menekan jumlah kecelakaan dan fatalitas korban kecelakaan," ujarnya

Deklarasi Generasi Milenial mendukung Road Safety menuju Zero Accident Provinsi Jambi dmeriahkan oleh artis Ibu kota diantara nya Setia Band Charly Van Houten, Cita Citata, Baim Wong, dan Tukul Arwana.

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan senam Jago Negeri Jambi bersama 500 pelajar dari berbagai sekolah di Kota Jambi dan jalan santai.

Tampak hadir Ketua Dekranasda Provinsi Jambi, Hj. Rahima Fachrori, Sekda Provinsi Jambi, Drs. H. M. Dianto, M.Si, para OPD Provinsi Jambi, para perwira dari Polda Jambi dan Korem 042/Gapu Jambi, seluruh generasi milenial kurang lebih 10 ribuan terdiri dari pelajar, mahasiswa, komunitas kendaraan baik roda dua maupun roda empat, dan masyarakat lainnya. (rel-marsht)