Notification

×

Iklan

Iklan

Usulkan Embung, Bupati Karo Apresiasi Kedatangan Kades Gung Pinto

15 Jan 2019 | 19:00 WIB Last Updated 2019-01-15T12:00:38Z
Bupati Karo Terkelin Brahmana menerima kedatangan Kades Gung Pinto Roy Pranata Bangun diruang kerjanya, Senin (14/01/2019) | ist
KABANJAHE, GREENBERITA.com - Kepala Desa Gung Pinto Roy Pranata Bangun mendatangi sendiri Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH untuk menyampaikan permohonan pihaknya dalam membangun embung air di desa Gung Pinto, Senin (14/1) di Ruang kerja Bupati Karo di Kabanjahe.

Kedatangannya pun mendapat sambutan hangat dari Bupati Karo didampingi Kepala BPMD Abel Tarigan Tarawai.

"Desa kami sangat membutuhkan pengairan Irigasi lahan pertanian sebab selama ini masih banyak warga membeli air melalui pemesanan air pakai tangki untuk mengaliri isi pertanian yang ditanam warga, maka solusi yang tepat adalah dengan cara membuat embung," kata Roy.

Dalam mendukung pembangunan itu, Roy menyampaikan pihaknya telah menyediakan lahan. " Untuk itu niat saya mengajukan kepada pihak yang berwenang agar dapat dibangun," imbuhnya.

Pengajuan itu disampaikan Roy melalui surat dengan nomor 610.534/SK/GP/2019 yang ditujukan kepada Kementerian PUPR direktorat Jenderal Sumber Daya air dan Balai wilayah sungai Sumatera II, pelaksanaan jaringan pemanfaatan air Sumatera II Sumut.

"Dilain sisi, embung sebagai pengairan irigasi, warga juga dapat menjadikan peningkatan ekonomi masyarakat berupa pemeliharaan ikan  air tawar dan destinasi wisata," tambah Roy.

Menanggapi itu, Bupati Karo Terkelin Brahmana mengapresiasi langkah kepedulian dan kreatifitas Roy Pranata Bangun yang mengajukan permohonan pembangunan embung ke dinas terkait.

"Hal ini saya tugaskan kepada BPMD bagian dari tupoksinya agar memfasilitasi dan membantu kepada pihak yang berkompeten dalam pembangunan embung. Kita selaku pemerintah wajib membantu dan mendorong hal-hal yang sifatnya positif, yang dibutuhkan warga, sebab solusi embung memang sudah tepat di Desa Gung  Pinto, dimana tanahnya sudah disediakan, terlebih aset Desa, Nah ini juga nantinya dapat di kelola Bumdes, semuanya ini berpulang nanti pengelolaannya Desa Gung Pinto," tutur Terkelin.

Dilanjutkan, pihak Pemkab Karo akan tetap bantu agar realisasi embung ini dapat secepatnya dibangun di Gung Pinto. "Caranya disini peran aktif dinas BPMD, koordinasikan dengan instansi terkait yang berwenang untuk pelaksanaan pembangunan embung," imbuh Terkelin.

Anggota DPRD Karo Onasis Sitepu mengatakan, permohonan pembangunan embung di Desa Gung Pinto mengapresiasi langkah yang dibuat oleh Kades Gung Pinto, Roy Pranata Bangun.

“Saat itu Kades Gung Pinto memasukkan surat ke DPRD Karo, namun bukan wewenang kami selaku DPRD, maka saya suruh ke Pemda Karo. Pada prinsipnya saya anggota DPRD Karo mendukung penuh usulan warga Gung Pinto ini dan saya minta melalui pihak Kementerian  PUPR direktorat Jenderal Sumber Daya air dan Balai wilayah sungai Sumatera I," katanya.

Onasis Sitepu berharap, pelaksanaan jaringan pemanfaatan air Sumatera II Sumut kiranya dapat merealisasikan usulan tersebut dibawah koordinasi Pemda Karo.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas BPMD Abel Tarawai Tarigan mengatakan, akan menindaklanjuti perintah Bupati Karo untuk mengkordinasikan kepada pemangku kepentingan yang menangani masalah pembangunan Embung.

"Ya, tadi sudah kita terima langsung tembusan  suratnya dari kades dan sudah disposisi pimpinan, agar saya untuk mengkordinasikan pembangunan embung," kata Abel.

Menurutnya Desa Gung Pinto layak dibangun embung, terlebih syarat utama penyediaan lahan telah tersedia.

"Nah lahan setahu saya sudah ada dan desa ini juga sudah memiliki Bumdes. Mudah-mudahan dengan kriteria ini dapat nanti saya koordinasikan kepada pihak terkait," pungkasnya. (Samson)