Notification

×

Iklan

Iklan

Didepan INALUM, Bupati Samosir Jelaskan Kondisi Danau Toba Terancam

21 Jan 2019 | 12:53 WIB Last Updated 2019-11-10T13:58:17Z

PANGURURAN, GREENBERITA.com - Kunjungan Silaturahmi PT. INALUM ke Samosir disambut hangat oleh Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, Sekretaris Daerah Jabiat Sagala, Asisten II Saul Situmorang dan pimpinan OPD di Rumah Dinas Bupati, Jum'at (18/01).

Adapun rombongan dari PT. INALUM diantaranya Direktur Pelaksana PT. INALUM Oggy Achmad Kosasi, Direktur Operasi Sahala Sijabat, Direktur Umum dan HC Carry EF. Mumbunan, SEVP Pengembangan Bisnis Dante Sinaga dan rombonga lainnya. Turut hadir juga Direktur pendapatan dan kapasitas keuangan daerah Direktorat Keuangan Kementerian Keuangan Lisbon Sirait.

Pada rilis Kominfo Kabupaten Samosir yang diterima GREENBERITA.com,  pada pertemuan itu, Bupati Samosir Rapidin Simbolon menyampaikan beberapa hal kepada pimpinan PT. INALUM. Bupati menjelaskan bahwa Daerah penyangga air Danau Toba saat ini sudah sangat terancam di karenakan kurangnya reboisasi terlebih penebangan liar oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, tentunya hal ini akan menjadi sebuah ancaman bagi kelestarian dan ke indahan Danau Toba.

Terkait hal itu Pemerintah Kabupaten Samosir telah melakukan upaya pelestarian dengan melakukan penanaman Pohon di titik-titik tertentu.

Untuk itu Bupati Samosir meminta perhatian dan kerjasama PT. INALUM dalam penanganan penghijauan di Sekitaran Danau Toba dan khususnya Kabupaten Samosir sebagai daerah yang memiliki lebih banyak wilayah perairan Danau Toba demi terjaganya kelestarian Danau Toba sebagai sumber Mata Air.

Bupati juga menuturkan bahwa proposal CSR 1,5 M untuk Geopark Sigulatti sudah sejak lama diusulkan namun hanya sebagian yang baru terelasiasikan, belum sepenuhnya dan selalu ditunggu tunggu untuk pemenuhan fasilitas dan pengembangan pusat informasi Geopark Sigulatti sebagai prioritas wisata di Kabupaten Samosir.

Lebih lanjut, beliau juga sangat menyesalkan kejadian yang telah terjadi dalam pembagian CSR yang tidak koordinasi dengan Pemkab Samosir, diharapkan PT. INALUM dalam penyaluran CSR harus berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Samosir sehingga dapat disinkronisasikan dengan rencana pembangunan.

Diantara 7 (tujuh) kabupaten di sekitaran Danau Toba, Samosir merupakan lokasi strategis dengan pantai terluas yang bersentuhan langsung dengan Danau Toba dibandingkan dengan Kabupaten lainnya dengan luas kisaran 65%, sehingga wajar Kabupaten Samosir meminta pembagian yang lebih besar untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat terlebih dalam meningkatkan dan menjaga kelestarian alamnya.

Hal ini menjadi satu tuntutan yang perlu menjadi perhatian penting pemerintah Provinsi Sumatera Utara terkait pembagian hasil atas PT. INALUM. Disamping program CSR Bupati Samosir juga berharap kehadiran PT. INALUM untuk berkontribusi memberi bantuan lainnya seperti Reboisasi dengan pemberian bibit-bibit unggul, dukungan dalam event-event dalam mempromosikan Samosir sebagai Destinasi Wisata Prioritas.

Direktur pelaksana PT. INALUM, Oggy Achmad Kosasi menyampaikan bahwa kunjungan mereka dalam rangka silaturahmi sekaligus untuk  bersinergis dalam pengembangan masyarakat melalui CSR di Kabupaten Samosir.

"Mudah mudahan dengan sinergi yang bisa dilaksanakan dapat mensejahterakan masyarakat dan Inalum akan selalu berkontribusi dalam mengembangkan Samosir dan PT. Inalum akan lebih berbuat untuk Kabupaten Samosir," katanya.

Terkait dana proposal bantuan untuk Gedung Pusat Informasi Geopark Kaldera Toba di Sigulatti, direksi PT. INALUM mengatakan akan segera menyelesaikannya.

Dalam kesempatan ini juga Direktur Pelaksana PT. Inalum menyerahkan CSR 2018-2019 kepada penerima manfaat yang diserahkan kepada Bupati Samosir dan selanjutnya menyerahkan bantuan tersebut kepada masing-masing penerima.

Bantuan tersebut berupa penanaman pohon seluas 20 ha yang dikelola masyarakat di Kabupaten Samosir, mobiler sekolah SMP 500 set meja kursi, rehabilitasi lahan kritis 30 ha, Upgrade taman bacaan masyarakat dan Tabung hujan di daerah sulit air bersih di Desa Simbolon Purba Kecamatan Palipi. (Rel)