Notification

×

Iklan

Iklan

Puskesmas Buhit Gelar MMD di Kelurahan Pasar Pangururan

15 Des 2018 | 13:59 WIB Last Updated 2019-11-10T13:31:30Z
Pelaksana harian (Plh) Lurah Pasar Panguruan Jamonang Situmorang saat menyampaikan arahan dalam acara Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) di Kantor Kelurahan Pasar Panguruan, Sabtu (15/12/2018) | Foto: Angga
PANGURURAN, GREENBERITA.com - Puskesmas Buhit melaksanakan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) di Kantor Kelurahan Pasar Pangururan Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir, Sabtu (15/12/2018).

Kepala Puskesmas Buhit Evi Sitanggang yang diwakili stafnya Welcana Sitanggang menyampaikan, tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk berdiskusi tentang hal-hal yang berkaitan dengan masalah kesehatan di sekitar lingkungan Kelurahan Pasar Pangururan.

"Ini adalah diskusi untuk mencari solusi atau jalan keluar apabila kita menemukan persoalan lingkungan yang berhubungan dengan kesehatan di sekitar kita," imbuh Welcana.

Kesempatan itu, Welcana juga menyinggung tentang masalah kesehatan lingkungan yang berkaitan dengan sanitasi.

"Kami selalu menghimbau dan menekankan untuk stop BABS (Buang Air Besar Sembarangan). Dan sanitasi berbasis masyarakat adalah solusi mengurangi BABS tersebut," tuturnya.

Di lokasi yang sama, Pelaksana Harian (Plh) Lurah Pasar Pangururan, Jamonang Situmorang menyampaikan, untuk mewujudkan kesehatan dalam masyarakat hal yang utama diperhatikan adalah kebersihan lingkungan.

"Perilaku membuang sampah dengan sembarangan harus dihentikan. Kebersihan lingkungan salah satu solusi untuk terhindar dari penyakit. Sehingga kita masyarakat sekitar menjadi sehat. Karena Kebersihan adalah sebahagian dari Iman," katanya.

Pengamatan GREENBERITA.com di lokasi, beberapa masukan masyarakat dalam diskusi itu diantaranya adalah, pemerataan tong sampah di wilayah pasar pangururan, proaktif aparat desa atau lingkungan menggerakkan masyarakat dalam kebersihan lingkungan kemudian adanya penyuluhan yang lebih intents terkait pengelolaan air limbah dalam keluarga.

Turu hadir dalam kegiatan tersebut, Tokoh Masyarakat, Bidan Desa/Kelurahan, Para Kader Posyandu, perangkat kelurahan dan masyarakat Kelurahan Pasar Pangururan Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir. (Angga Sagala)