Notification

×

Iklan

Iklan

Ada Air 4 Warna di Samosir, Ini Pengakuan Warga

4 Des 2018 | 11:09 WIB Last Updated 2019-11-10T13:54:15Z
Charles Simalango memperlihatkan lokasi air 4 Warna kepada Wartawan di Desa Nadeak Bariba Kecamatan Ronggurnihuta Kabupaten Samosir
RONGGURNIHUTA, GREENBERITA.com - Adat dan Budaya yang ada di Kabupaten Samosir merupakan salah satu faktor yang menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk datang ke Negeri Kepingan Surga ini. Bukan hanya itu, panorama keindahan alamnya serta keunikan yang ada memberikan nilai plus tersendiri.

Banyak keunikan alam yang ada di Samosir, seperti Batu Hobon, Air Tujuh Rasa dan lainnya. Namun, kita pasti belum pernah mendengar keunikan yang satu ini, yaitu air dengan warna yang berbeda-beda.

"Setahu saya memang air ini memiliki 4 warna, ada warna putih keabu-abuan, ada warna biru, ada bening dan Jernih. Air ini sudah ada sejak ratusan tahun lalu," kata Charles Simalango kepada wartawan di Desa Nadeak Bariba Kecamatan Ronggurnihuta, Sabtu (24/12/2018) lalu.

Dikatakannya, air empat warna tersebut merupakan peninggalan nenek moyang keluarganya dan digunakan untuk banyak keperluan keluarga. Ke empat air itu berada pada 4 lubang kecil (mual) dengan mata air terletak di dinding lubang.

"Airnya ada di lubang kecil seperti mual, tapi bukan seperti mata air yang asalnya dari bawah. Ini sumber airnya berasal dari dinding lubang. Kemudian fungsinya ada untuk mandi, mencuci pakaian dan ada juga kebutuhan lainnya seperti minum," imbuhnya.

Bahkan, menurutnya, salah satu air dengan mual kecil (sumur-red) dengan air berwarna jernih diyakininya mampu menyebuhkan penyakit.

"Ya, memang ini belum ada yang tahu. Tapi saya sendiri sudah rasakan. Karena ketika saya minum sakit saya, seperti batuk deman dan flu bisa hilang," pungkasnya.

Penelusuran media ini, untuk menjangkau lokasi air tersebut memang cukup sulit. Ada sekitar 4 km jauhnya dari pinggir jalan utama dengan lokasi berada pada tempat yang mirip lembah.

Meski demikian, jalan utama mulai dari Ibukota Samosir Pangururan menuju simpang lokasi sudah cukup baik meski jaraknya hampir mencapai 30 km jauhnya.

Untuk lebih jelas silahkan lihat videonya: