Notification

×

Iklan

Iklan

Menpar Targetkan 20 Juta Wisman

18 Okt 2018 | 10:05 WIB Last Updated 2019-11-10T13:39:10Z
MEDAN, GREENBERITA.com-Menteri Pariwisata Arief Yahya menargetkan 20 juta kunjung wisatawan asing ke Indonesia untuk tahun 2019.

Hal itu dia sampaikan saat menghadiri wisuda 317 mahasiswa Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Medan, Rabu (17/10/2018) di gedung serbaguna Soemekto Djajanegara.

Dia menyebut, pihaknya memiliki target pada 2019m kunjungan wisatawan asing sebesar 20 juta. Sementara target jumlah devisa Rp 240 triliun dan perjalanan wisatawan dalam negeri sebanyak 275 juta.

"Kami berharap, pariwisata bisa memberikan kontribusi 15 persen pada Produk Domestik Bruto (PDB)," kata Arief.

Arief mengatakan, target kunjungan wisata perlu didukung SDM profesional di bidang pariwisata. Menurutnya, saat ini pariwisata sudah menjadi industri mainstream. Artinya, sudah menjadi industri yang diandalkan menjadi penghasil devisa terbesar.

"Untuk mengolah SDM pariwisata, dibutuhkan sekolah seperti Poltekpar Medan ini. Karena industri pariwisata makin butuh tenaga SDM yang profesional," katanya.

Disebutkan, ke depan, industri pariwisata akan jadi industri favorit. Karena tidak akan habis. Bahkan, makin berkembang. Karena itu dibutuhkan tenaga-tenaga kepariwisataan yang kompeten di bidangnya.

Berdasarkan hasil tracer study, sebanyak 77 persen lulusan ini telah bekerja di sektor pariwisata. Sisanya, 23 persen dalam proses menunggu mendapatkan pekerjaaan selama 3,5 bulan ke depan.

Sebelumnya dalam acara wisuda Poltekpar Medan mengambil tema "The Millenials Determining The Future of Indonesian Tourism". Yang artinya, generasi milenial adalah generasi yang sangat akrab dengan teknologi, competitiveness, kritis, serta mandiri dan berkontribusi terhadap lingkungan sekitarnya.

Mahasiswa yang diwisuda Poltekpar Medan terdiri dari 31 orang lulusan Diploma IV, dan 286 orang lulusan Diploma III. Wisudawan terbaik Tahun 2018 diraih Masrani Grace, anak dari Amir Hutapea. Masrani mendapat IPK 3,56 (Terpuji) dari Program Studi Manajemen Divisi Kamar (MDK).

Direktur Poltekpar Medan Anwari Masatip mengatakan, wisuda ini adalah moment yang luar biasa. Menjadi kebanggaan bersama melihat putra dan putri telah menyelesaikan tahapan awal untuk menuju masa depannya.

"Di saat ini, pariwisata kita sedang menjadi pembicaraan dunia karena tingkat pertumbuhan, peluang tenaga kerja, serta peningkatan devisa bagi negara yang jumlahnya luar biasa signifikan. Oleh sebab itu, putra dan putri kebanggan Bapak dan Ibu berada di jalur yang tepat," ujarnya.

Anwari mengatakan, tahun 2018 adalah tahun yang bersejarah. Bersejarah karena target kunjungan wisman ke indonesia adalah 17 juta. Bersejarah karena selama 26 tahun, di tahun inilah terjadi perubahan status dari Akademi Pariwisata menjadi Politeknik Pariwisata.

Sejarah tidak berhenti di situ. Karena pariwisata Indonesia telah menjadi core economy. Juga sebagai penghasil devisa terbesar kedua setelah CPO.

Bahkan, berdasarkan berita terbaru dari The World Travel & Tourism Council (WTTC), kekuatan pariwisata Indonesia menjadi peringkat ke 9 di dunia. Indonesia berhasil mengalahkan Thailand yang berada di peringkat ke 12, Filipina dan Malasya di peringkat 13, Singapura di peringkat 16, serta Vietnam di peringkat 21.

"Inilah bukti kalau pariwisata kita sangat beken di mata dunia. Inilah bukti kerja paten pemerintah pusat, pemerintah daerah, lembaga pendidikan pariwisata, dan asosiasi yang bahu membahu membangun pariwisata Indonesia," tegasnya.

Untuk informasi, Poltekpar Medan dalam melaksanakan pendidikannya dibekali dengan program 3C. Yakni Curriculum, Certification, and Centre of Excelent.

"Kurikulum dirumuskan berdasarkan  Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Mutual Recognition Arrengment on Tourism Professionals ASEAN), dan juga capaian pembelajarannya diselaraskan dengan Global  Code of Etic of Tourism by UNWTO," paparnya.

Di Poltekpar Medan, sertifikasi telah berstandar UNWTO Tedqual untuk dunia. Lalu sertifikasi CHE untuk pengajar juga bertaraf dunia. Sementara sertifikasi BAN-PT untuk Program Studi, sertifikasi AIPT untuk institusi, sertifikasi dosen untuk pengajar bertaraf nasional, ISO 9001:2015, dan LSP 1ST PARTY Akpar Medan.

"Centre of Excelent Poltekpar Medan dikhususkan untuk Geotourism dan Enterpreunership. Pada bulan Oktober 2018, kami melakukan kegiatan pelatihan dan pengabdian masyarakat sebanyak 14 kelompok. Fokus kegiatan di Humbahas, peresmian Inkubator Bisnis Mahasiswa pada saat Kunjungan Kerja Komisi X DPR RI pada bulan September 2018," jelas Anwari. (tm)