Notification

×

Iklan

Iklan

2 Anggota KPU Sulteng Turut Jadi Korban Tewas Gempa dan Tsunami di Palu

2 Okt 2018 | 22:15 WIB Last Updated 2018-10-18T01:06:19Z
Sumber foto: kompas.com
Green Berita - Jakarta

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Viryan Azis menuturkan, pihaknya meminta KPU Provinsi Sulawesi Tengah untuk melakukan identifikasi korban yang luka hingga meninggal, baik dari jajaran KPU provinsi sampai PPS (Panitia Pemungutan Suara) di Sulawesi Tengah.

Viryan menceritakan, saat gempa menggunjang Sulawesi Tengah, KPU Provinsi Sulawesi Tengah sedang melaksanakan rapat koordinasi penyempurnaan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 di Hotel Mercure Palu.

“Datanya kemarin, ada dua anggota KPU yang meninggal, satu kasubag, kena timpahan pada saat gempa,” kata Viryan di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (2/10/2018).

Namun, Viryan belum bisa memberikan kejelasan mengenai identitas dari dua korban yang meninggal itu.

Ia mengkonfirmasi ada beberapa komisioner di beberapa kabupaten di Sulawesi Selatan yang selamat dari bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

“Yang terkonfirmasi sampai hari Minggu (30/8/2018) yang selamat, KPU Banggai, KPU Poso, KPU Bangket, KPU Tojo Una-Una, KPU Banggai Laut, KPU Provinsi (Sulawesi Tenggara), dan KPU Toli-Toli. Yang sudah dapat beritanya selamat, selebihnya belum,” kata Viryan.

Kerusakan akibat gempa bumi dan tsunami di Dupa Tondo, Kelurahan Layana, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (2/10/2018). Di area kompleks mebel dan pergudangan ini luluh lantak akibat gempa dan diterjang tsunami.
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat, lanjut Viryan, telah memberikan arahan kepada KPU Provinsi Sulawesi Tengah pascagempa bermagnitudo 7,4 dan tsunami yang meluluhlantahkan Kota Palu dan Kabupaten Donggala.

Arahan tersebut yakni memastikan dan mengecek kondisi kantor KPU provinsi, kabupaten/kota di Sulawesi Tengah pasca bencana gempa dan tsunami.

“Kalau kondisinya rusak, yang rusak apa?, Misalkan komputer, seluruh perangkat kerja komputer di ruangan itu rusak, termasuk di dalamnya ada data,” sambung Viryan.

Pihaknya juga lanjut Viryan, meminta KPU Provinsi Sulawesi Tengah untuk melakukan pemetaan daftar pemilih pasca bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Viryan mengatakan, untuk waktu lima sampai tujuh hari ke depan pemutakhiran data pemilih di Sulawesi Tengah akan terhenti. Hal itu disebabkan, akan fokus dalam penanganan tanggap darurat pasca bencana gempa bumi dan tsunami di Kabupaten Donggala dan Kota Palu, Sulawesi Tengah.

“Paling tidak 5-7 hari ke depan kami juga ngerti, bahwa ini kan kondisi kedukaan ya, maka selamatkan dulu kondisi masing-masing sanak famili, baru dari kantor. Kemudian kurang lebih 5-7 hari kegiatan terkait pemutakhiran data pemilih itu off di Sulteng,”ujar Viryan.

Saat ini, kata Viryan, anggota KPU seluruh Indonesia juga tengah menggalang dana kemanusiaan untuk membantu korban bencana di Sulawesi Tengah.

Sejak gempa bumi bermagnitudo 7,4 mengguncang Kota Palu dan Kabupaten Donggala dan disusul tsunami setinggi 3 meter, korban jiwa dan kerusakan terus bertambah.

Hingga Selasa (2/10/2018) pukul 13.00 WIB, korban tewas akibat gempa dan tsunami di Sulteng bertambah menjadi 1.234 Orang.

Selain itu, sebanyak 799 orang mengalami luka berat. Mereka tengah dirawat di rumah sakit.

Para korban meninggal tersebut diketahui berasal dari Kota Palu, Kabupaten Donggala, Parigi Moutong, dan Sigi.

Sumber: kompas.com