Notification

×

Iklan

Iklan

Ganggu Lalu Lintas, Jembatan Tano Ponggol Masih Jadi Tempat Parkir

11 Mar 2024 | 08:44 WIB Last Updated 2024-03-11T02:28:30Z
 
Jembatan Tano Ponggol masih jadi lokasi parkir para pengunjung Samosir, Dishub Samosir belum terlihat (10/3)
:(gb/doc/ist)

GREENBERITA.com- Jembatan Tano Ponggol Dalihan Natolu yang terletak di Kelurahan Siogung-ogung, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir masih saja jadi tempat parkir para pengunjung Samosir sehingga menganggu lalu lintas. 

Seperti diketahui, Jembatan Tano Ponggol menjadi jembatan ikon wisata yang menghubungkan Pulau Sumatera dengan Pulau Samosir dan baru dibangun dengan anggaran ratusan miliar dari APBN dan mulai dibuka Maret 2023.

Namun pada pelaksanaannya, jembatan yang memiliki tiga tiang penyangga itu menjadi daya tarik bagi para pengunjung yang hendak mengunjungi sehingga kerap dijadikan lokasi parkir untuk berswafoto. Akibatnya, kelancaran arus lalu lintas kerap terganggu. 


“Jembatan Tano Ponggol ini menjadi salah satu tempat dan pemandangan yang menarik. Karena jembatan ini dikelilingi Danau Toba dan diapit pemandangan perbukitan. Sehingga, mempunyai daya tarik sendiri untuk berfoto-foto. Kemacetan jadi sering terjadi akibat kendaraan pengunjung yang parkir di badan jembatan,” ujar E Sinaga, (28 tahun), warga Samosir kepada wartawan, Minggu (20/8/2024).

Ia berharap, pemerintah daerah setempat menempatkan petugas dan membuat rambu-rambu lalu lintas di area jembatan.

”Harapan kita, petugas yang mengatur kelancaran arus lalu lintas hendaknya ada di areal jembatan. Atau setidaknya ada rambu-rabu lalu lintas yang melarang parkir di badan jembatan,” jelas Simbolon 

Terkait hal itu, Kepala Dinas Perhubungan Samosir, Lasfayer Sipayung ketika dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp telepon selulernya, Minggu (20/8) mengatakan, pihaknya menempatkan petugas yang siap melakukan pengaturan arus lalu lintas di areal jembatan jika terjadi kemacetan.

“Kita siapkan petugas di areal itu. Namun sifatnya mobile. Kebetulan dalam rangka HUT kemerdekaan dan pertandingan sepakbola piala bupati, petugas kita melakukan pengamanan dan pengaturan. Mohon maklum kalau hari libur ini mereka istirahat. Namun jika kemacetan terjadi, petugas bisa kita upayakan,” ujar Lasfayer.

Antrian kendaraan parkir di jembatan Tano Ponggol masih terlihat pada Minggu malam, (10/3/2024) setelah sebelumnya macet parah melanda ibu kota Pangururan pada malam hari. 

(Gb-ribka05)