Notification

×

Iklan

Iklan

Sambut HPN, Hari Ini IWO Samosir dan JaDI Gelar Diskusi Publik 'Kesiapan Penyelenggaraan dan Pengamanan Pemilu'

12 Feb 2024 | 09:11 WIB Last Updated 2024-02-12T02:11:40Z


GREENBERITA.com- Guna merayakan Hari Pers Nasional tingkat Kabupaten Samosir 
serta ikut serta mewujudkan Pemilu 2024 yang jujur dan adil serta berintegritas, Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Samosir bersama Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI) dan Warkop Jurnalis Reborn Kabupaten Samosir menggelar Diskusi Publik pada Senin, 12 Februari 2024.


Diskusi Publik dengan tema 'Finally, Siapkah Penyelenggaraan, Pengawasan dan Pengamanan Pemilu 2024 di Samosir,' ini digelar di Puro Kafe Pangururan mulai Pukul 14.30 Wib sampai Selesai.



"Adapun narasumber yang diundang adalah Bupati Samosir, Kapolres Samosir, Ketua KPU Samosir, Ketua Bawaslu Samosir, relawan JaDI bersama para politikus partai politik di Samosir," ujar Ketua Panitia Baringin Lumbanraja.



Sementara itu, Ketua IWO Samosir Fernando Sitanggang SH, MH menyatakan kegiatan ini sebagai  bahagian dari evaluasi atas tahapan masa persiapan Penyelenggaraan Pemilu yang hampir rampung digelar oleh KPU Samosir yang diawasi oleh Bawaslu Samosir.



"Dirasa penting bagi masyarakat bagaimana persiapan terakhir dari KPU, Bawaslu dan Kepolisian atas persiapan pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Samosir," ujar Fernando Sitanggang.



Koordinator JaDI Samosir ini juga mempertanyakan temuan Bawaslu dan Gakumdu selama tahapan.



"Apakah ada pelanggaran yang dilakukan baik oleh Penyelenggara, Aparat Hukum, Pemerintah Kabupaten, Peserta Pemilu dan Pemilih selama tahapan sebelum Pemilu 14 Februari 2024 mendatang, ini yang perlu kita kupas bersama," jelasnya.



Pola distribusi logistik Pemilu serta penanganan Money Politik dan bagaimana Gakumdu khususnya Aparat Kepolisian melakukan tindakan OTT terhadap pelaku Money Politik juga menjadi rencana topik pembahasan pada diskusi publik ini.



"Hal-hal tersebut di atas diperlukan untuk dibahas selain pembahasan yang ditemukan pada saat kegiatan tersebut nantinya, serta diperlukan keterbukaan penyelenggara untuk menyikapi apa yang menjadi persoalan para peserta pemilu di Samosir," pungkasnya. (Gb-Luis06)



Diskusi Publik ini juga akan dilangsungkan di YouTube GreenberitaTv Channel mulai pukul 15 Wib sampai selesai melalui link berikut ini,