Notification

×

Iklan

Iklan

HUT Kabupaten Samosir ke-20, Ini Penilaian Lasro Marbun dan 3 Anggota DPR RI tentang Proses Pembangunan

28 Feb 2024 | 12:08 WIB Last Updated 2024-02-28T05:08:44Z
 
Perayaan Puncak Hari Jadi ke-20 Kabupaten Samosir

GREENBERITA.com- Perayaan Puncak Hari Jadi ke-20 Kabupaten Samosir berlangsung sukses dan meriah yang ditandai dengan Pemotongan Kue Ulang Tahun oleh Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom bersama Wabup Martua Sitanggang. 


Bupati Samosir juga melakukan Launching Calender Of Event Horas Samosir Fiesta 2024 di Water Front City-Desa Pardomuan I, Pangururan, Sumatera Utara pada Selasa (27/02/2024).

Perayaan dengan tema 'Lanjutkan Sinergitas Untuk Mewujudkan Samosir Sejahtera dan Bermartabat' dihadiri Pj Gubsu diwakili Inspektur Provinsi Sumatera Utara Lasro Marbun, Anggota DPR RI Martin Manurung, Lamhot Sinaga, Ketum PSBI Effendi Muara Sakti Simbolon, Forkopimda, Penjabat Bupati Wilmar E. Simanjorang, Mantan Wakil Bupati Samosir 2015-2020 Juang Sinaga, Pemrakarsa Kabupaten Samosir, Rektor ISI Padang Panjang, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan undangan dari Kabupaten/kota lainnya.


Pj Gubsu yang diwakili Inspektur Provsu Lasro Marbun mengatakan sebagai putra daerah merasa bangga dengan perkembangan Kabupaten Samosir, terlebih dengan semangat Pemkab Samosir membangkitkan kembali Opera Batak dan penetapan Samosir sebagai Titik Nol Peradaban Batak. 

"Pertumbuhan ekonomi Samosir membanggakan menyamai nasional yaitu 4,5, hal ini berkat inovasi dan kreasi yang dilakukan Pemkab Samosir sehingga dengan sumber daya alam yang minim dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi termasuk dengan kreasi berbagai acara seperti halnya Horas Samosir Fiesta setiap tahunnya," ujar Lasro Marbun. 
 
Kabupaten Samosir dengan APBD yang masih sedikit ditekankan harus terus menjalin sinergitas dengan pemerintah provinsi, pusat bahkan dengan Coorporate.

"Di Sumut dari 33 Kabupaten/kota, Pemkab Samosir menjadi nomor 2 terbesar yang memperoleh anggaran dari APBN" kata Lasro. 

Hal ini menurutnya merupakan perhatian pemerintah pusat pada destinasi super prioritas Kabupaten Samosir. 

"Saya juga mengajak DPR RI dari Dapil Sumut 2, khususnya yang hadir pada Hari Jadi Samosir memberikan perhatian lebih demi pembangunan yang lebih baik," tegasnya. 

Ketum PSBI Effendi Muara Sakti Simbolon menyampaikan kemajuan demi kemajuan di Kabupaten Samosir sudah mulai dirasakan dan masih akan terus berlangsung, maka dibutuh kerjasama semua pihak termasuk kepala desa untuk mengambil peran aktif. 

"Sebagai daerah wisata super premium butuh kerjasama semua pihak, termasuk DPR RI yang memperjuangkan aspirasi daerah," ujar Effendy Simbolon. 


"Hal ini menjadi PR yang diemban bersama dengan Forkopimda dan DPR/D untuk bersinergi mendapatkan porsi APBN", kata Anggota DPR RI ini. 

Disampaikannya, masih banyak yang harus menjadi perhatian baik air bersih dan termasuk kesejahteraan masyarakat, menuntaskan taraf kemiskinan. 

"Jangan malu-malu menyatakan ke pusat, sudah penting melihat hal-hal yang lebih mendasar, Selamat kepada Bupati Samosir Vandiko Gultom, masih muda dan Energik", ungkap Ketua Umum PSBI ini. 

Effendi juga menitip pesan agar tetap menjaga heritage budaya dan titik awal peradaban Batak.

Sementara itu, sebagai bentuk perhatian kepada masyarkat Samosir, Anggota DPR RI Martin Manurung memberikan bantuan senilai Rp 100 juta untuk Samosir. 


"Sebagai wakil rakyat siap terus bekerjasama dengan Pemkab Samosir, memberikan yang terbaik dan siap berdiskusi 24 jam membahas apa yang dibutuhkan masyarakat Samosir," ungkap Martin Manurung. 

"Selamat hari jadi Samosir ke-20, semoga kita terus bersama-sama. Apa yang kami dapat di Jakarta akan kami bawa untuk masyarakat Samosir", pungkas Martin. 

Hal senada juga disampaikan Lamhot Sinaga, sebagai wakil rakyat dari Dapil Sumut 2 tetap berusaha menjadi wakil rakyat yang baik dan amanah, bisa memberikan yang terbaik bagi rakyat Samosir. 

Dalam hal ini, Lamhot Sinaga juga memberikan bantuan alat pertanian berupa hand sprayer elektronik dan alsintan lainnya kepada petani sebagai bentuk kado ulang tahun.

"Saya mengakui, perkembangan Samosir sangat pesat, terlihat dari event Internasional yang terselenggara membawa kemajuan destinasi wisata premium di Samosir" ujarnya. 

Menurut Lamhot Sinaga, tumbuhnya hotel bintang 5 di Samosir menandakan bentuk iklim investasi yang kondusif. 

"Masih banyak kemajuan laonnya, dan ini keberhasilan Pemda dibawah kepimpinan Bupati Samosir Vandiko Gultom", kata Lamhot Sinaga. 

Berbicara tentang Samosir, Lamhot mengajak masyarakat untuk saling menopang, satu tujuan tanpa melihat perbedaan.

" Kita satu dalam pembangunan Samosir. Pesta demokrasi memilih pemimpin jangan jadikan ajang perpecahan, kita satu dalam membangun Samosir", pungkasnya

Tokoh masyarakat/adat Mangiring Naibaho memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pemrakarsa atas jasa memerdekakan Samosir dari kemiskinan yang sebelumnya. 

"Saya berharap Kabupaten Samosir semakin maju dengan dukungan masyarakat terhadap pembangunan yang dilakukan pemerintah," pungkas Mangiring Naibaho. 


(Gb-Ribka05)