Notification

×

Iklan

Iklan

Bersaing Ketat, Giliran Renaldi Naibaho Ungguli Saurtua Silalahi pada Real Count KPU RI di Dapil I Samosir

19 Feb 2024 | 13:41 WIB Last Updated 2024-02-19T06:41:54Z

Real Count KPU RI untuk perolehan suara Dapil I Kabupaten Samosir 

GREENBERITA.com- Berdasarkan perhitungan suara sementara Pemilu 2024 di Dapil I Kabupaten Samosir, giliran Calon Legislatif Partai Gerindra Samosir nomor urut 1 Renaldi Naibaho mengungguli sementara Calon Legislatif Nomor Urut 2 Saurtua Silalahi di internal partai Gerindra Samosir.


Dilihat pada pada laman http://pemilu2024.kpu.go.id pada Senin, 19 Februari pukul 10 Wib, terlihat 1 Renaldi Naibaho memperoleh 1.364 suara sedangkan Saurtua Silalahi memperoleh 1.307 suara. Perolehan suara tersebut berasal dari 100 TPS dari 144 TPS atau 69.44 persen dari seluruh jumlah suara yang telah masuk di Dapil I Kabupaten Samosir.


Seperti diketahui, Saurtua Silalahi merupakan Anggota DPRD Kabupaten Samosir periode 2019-2024 dari Partai Gerindra, sedangkan Renaldi Naibaho juga adalah Anggota DPRD Samosir 2019-2024 dari Partai PDI-P namun di PAW oleh partai pimpinan Megawati Soekarnoputri tersebut pada tahun 2021 silam.


Ketika dikonfirmasi greenberita, Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Samosir Josmar Naibaho mengapresiasi pencapaian para caleg partainya di Dapil I.


"Capaian kami sampai saat ini untuk Samosir I kita dapat 2 kursi, kita apresiasi kerja kerja caleg bagus, Renaldi Naibaho dan Saurtua terutama saya apresiasi Charles Malau bisa capai 509 suara, tanpa perolehan Charles saya kira hanya satu kursi," ujar Josmar Naibaho.

Ketua Partai Gerindra Kabupaten Samosir Josmar Naibaho 

Terkait adanya klaim Saurtua Silalahi sebelumnya yang menyatakan dirinya lebih tinggi suaranya dari Renaldi Naibaho, Josmar Naibaho menjawab diplomatis.


"Saya kira sah-sah saja, tapi tetap yang bicara adalah formulir C1, dan berdasarkan rekapitulasi C1 ada perbedaan antara Renaldi Naibaho yaitu 2100 sekian suara dan Saurtua Silalahi 1900 sekian, tapi saya kira tak perlu dipertentangkan karena sasaran akhir kan tercapai untuk bisa mendapatkan 2 kursi," pungkas Josmar Naibaho.


Sebelumnya diberitakan, Saurtua Silalahi mengaku terjadi perbedaan tipis atas perolehan suara antara dirinya dengan Renaldi Naibaho.


"Dari yang kita dapatkan di lapangan memang bervariasi, karena perbedaan C1 plano karena saksi dari kita bukan dari partai, saksi partai bukan kita yang tunjuk," tegasnya.


Saurtua mengklaim perolehan suara internal yang didapatkan dirinya mencapai 2000 suara dan terdapat selisih 100 suara dari nomor urut 1.


"Kurang lebih harusnya lebih dari 100 suara karena kita lebih unggul dari dia (Renaldi Naibaho, red), tapi kita berharap mendapatkan 2 kursi sehingga tidak jadi persoalan dan kita tidak ngotot sana ngotot sini," ujarnya.


Menurutnya, Partai Gerindra di Dapil I Samosir memperoleh suara nomor 2 tertinggi setelah Partai PDI-Perjuangan. *** (Gb-Ferndt01)