Notification

×

Iklan

Iklan

Lebih 70.000 Wisatawan Kunjungi Samosir Liburan Nataru, Vandiko Gultom Soroti Kebersihan WFC

2 Jan 2024 | 16:57 WIB Last Updated 2024-01-02T10:52:59Z

Bupati Samosir Vandiko Gultom pimpin Rapat Perdana 2024 di Aula Kantor Bupati Samosir, (02/01)


GREENBERITA.com- Lebih dari 70 ribu wisatawan mengunjungi destinasi wisata yang dikelola pemerintah termasuk kunjungan ke Air Menari di Waterfront City (WFC) Pangururan pada liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru).


Hal tersebut terungkap pada saat Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom memimpin rapat perdana Pemkab Samosir tahun 2025 usai apel gabungan pertama kerja tahun 2024 di Aula Kantor Bupati Samosir pada Selasa, (02/1/2024). 


Rapat perdana tersebut diikuti seluruh pimpinan OPD yang membahas isu strategis seperti percepatan realisasi APBD 2024, penggajian perangkat desa, percepatan pemberian hibah, kebersihan dan pengelolaan WFC.


Mengantisipasi tumpukan sampah, selain menambah personil petugas kebersihan, Bupati Vandiko Gultom mengatakan perlu penertiban terhadap pedagang asongan yang berjualan di pelataran WFC. 


"Saat ini terlihat adanya fenomena atau eksodus pedagang asongan yang tidak bertanggung jawab terhadap kebersihan," ujar Vandiko Gultom. 


Terkait hal tersebut, Kadis Budpar Samosir Tetty Naibaho menyampaikan dari 8 Objek Wisata yang dikelola pemerintah, jumlah kunjungan sebesar 25.621, kunjungan mulai tanggal 23 Desember 01 Januari 2024, diperkirakan masih akan bertambah. 


"Secara umum di WFC terdapat, 2000-6000 kunjungan per malam untuk menyaksikan air menari, bila di total sekitar 45.000 orang hanya ke WFC saja, semua memberikan respon yang positif, pengunjung ada dari dari Papua, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan daerah lainnya," ujar Tetty Naibaho. 


Disebutkannya, hotel dan home stay full booking dan rumah makan padat, bahkan ada yang sampai berkemah. 

Bupati Samosir soroti Kebersihan WFC dan Destinasi Wisata lainnya di Samosir



"Objek wisata Lagundi yang dilaunching tgl 28 Desember lalu juga menjadi salah satu sasaran pengunjung, minimal 20 mobil dan sepeda motor yang datang /hari, sementara jumlah kunjungan yang dikelola objek swasta, belum masuk dan masih menunggu data," jelasnya lagi. 


Dengan Capaian diatas, Bupati Samosir menegaskan agar Badan Pengelola Keuangan dan Asset Daerah diharapkan segera melakukan penagihan pajak untuk mencapai target PAD. 


"Dalam Percepatan APBD 2024, masing-masing dinas diminta untuk segera membentuk struktur pengelolaan anggaran, mulai PPTK, KPA, PPK sehingga DPA secepatnya dapat dicetak," tegas Vandiko Gultom. 


Sementara itu, penggajian kepada desa dan perangkat desa diharapkan dapat sejalan dengan penggajian ASN.


(Gb-Alek03)