Notification

×

Iklan

Iklan

Wali Kota Salurkan Bantuan Pinca Cabang Bank Sumut Siantar kepada Pelaku UMKM dan Pedagang

22 Des 2023 | 21:49 WIB Last Updated 2023-12-22T14:49:17Z



GREENBERITA.com- Menjelang akhir tahun 2023, Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar menyalurkan bantuan Program Kemitraan Corporate Social Responsibility (CSR) PT Bank Sumut Cabang Pematang Siantar kepada masyarakat, terutama pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). 


Penyaluran bantuan ditandai penyerahan dari Pimpinan Cabang Koordinator Bank Sumut Pematang Siantar Suhardi Sembiring kepada Wali Kota Pematang Siantar dr susanti Dewayani SpA.


Selanjutnya, diserahkan kepada Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kota Pematang Siantar Herbet Aruan SPd MH. Kegiatan tersebut berlangsung di halaman Kantor Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan Kota Pematang Siantar, Jalan Cempaka, Jumat (22/12/2023).


Kemudian, dr susanti bersama Suhardi Sembiring, Ketua Dekranasda H Kusma Erizal Ginting SH, Wakil Ketua Komisi I DPRD yang juga Penasehat Koperasi Ulos Sejahtera, Boy Iskandar Warongan SSos MSP, menyerahkan bantuan CSR tersebut kepada pelaku UMKM secara simbolis. Penyerahan disaksikan Pembina UMKM Siantar Martoba-Sitalasari (SMS) serta Penasehat Koperasi SMS Aprial M Rizaldi Ginting SH, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Dra Happy Oukumenis Daely, Kepala Bappeda Dedi Idris Harahap, dan beberapa pimpinan OPD lainnya.


Apresiasi dan ucapan terima kasih disampaikan dr Susanti. Menurutnya, bantuan tersebut merupakan salah satu bentuk kerjasama dan kepedulian PT Bank Sumut kepada Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar.


"Untuk itu kami dari Pemerintah Kota Pematang Siantar dan atas nama masyarakat pelaku UMKM mengucapkan terima kasih kepada PT Bank Sumut yang sudah sangat peduli kepada perkembangan perekonomian di Kota Pematang Siantar, khususnya kepada bapak ibu pelaku UMKM yang ada di Kota Pematang Siantar. Kiranya melalui bantuan ini semakin meningkatkan sinergi kolaborasi," terang dr Susanti.


Lebih lanjut dr Susanti mengatakan, Pemko Pematang Siantar bekerjasama dengan PT Bank Sumut telah menggelontorkan bantuan sarana prasarana berupa sejumlah gerobak dan alat-alat yang lain, yang gunanya untuk perkembangan kemajuan UMKM. Dengan harapan, UMKM di Kota Pematang Siantar bisa naik kelas atau lebih meningkat dalam menjalankan usahanya.


Dengan diserahkan serta kehadiran sarana prasarana dari Bank Sumut, kata dr Susanti, ada beberapa tujuan yang ingin dicapai. Di antaranya, supaya perekonomian di Kota Pematang Siantar lebih baik dan semakin meningkat. Kemudian, dengan kehadiran sarana prasarana sangatlah tepat menjelang hari besar keagamaan dan hari besar nasional menyambut Natal tahun 2023 dan Tahun Baru 2024.


"Di mana saudara-saudara kita banyak yang berkunjung ke Kota Pematang Siantar. Untuk itu bapak ibu sekalian diharapkan agar tempat kita melakukan usaha itu aman, nyaman, dan bersih. Serta tidak menimbulkan kemacetan, Itulah salah satu tujuan Pemerintah Kota Pematang Siantar fokus kepada pelaku UMKM, dan akan menambah semangat kita lagi untuk terus giat melakukan mengembangkan roda perekonomian pelaku UMKM,' terang dr Susanti.


dr Susanti juga berharap agar bantuan yang diberikan dapat dijaga dan dirawat.


"Kalau boleh dikembangkan. Seperti, kalau sekarang gerobaknya satu, dengan ketekunan bapak ibu menjadi berkembang dua gerobak, ataupun menjadi usaha-usaha yang lain. Untuk itu kami sangat mengharapkan inovasi dan terobosan supaya bapak ibu terus memikirkan dan melakukan bagaimana meningkatkan usaha masing-masing. Dengan demikian usaha yang ditekuni sejak awal dapat menghasilkan, dan tentunya menambah income bagi keluarga," paparnya.


Dalam kesempatan itu, dr Susanti menyampaikan kepada pelaku UMKM bahwa Pemko Pematangsm Siantar sangat terbuka kepada masyarakat, termasuk kepada pelaku UMKM.


"Apapun masalah atau ingin mendapatkan info-info untuk pengembangan usaha, seperti permodalan, perizinan, atau sertifikat halal, dapat datang ke Pemerintah Kota Pematang Siantar tepatnya Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan. Juga ke Gedung Dekranasda. Di sana ada Klinik UMKM. Petugasnya dapat dijelaskan tentang syarat-syarat untuk mendapatkan dana bergulir, dan lainnya. Jadi jangan segan, jangan malu. Intinya Kota Pematang Siantar ini adalah milik kita bersama," tukasnya.


Sementara itu, Ketua Dekranasda Kota Pematang Siantar H Kusma Erizal Ginting SH dalam sambutannya mengatakan, sebagai pejuang tanpa tanda jasa, pelaku UMKM bisa disebut sebagai gerakan semesta rakyat. Sebab pemerintah sudah percaya kepada UMKM. 


Sudah beberapa kali negara Indonesia mengalami gelombang ekonomi, namun yang bertahan adalah pelaku UMKM dan IKM.


"Maka dari itu saya atas nama Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Pematang Siantar yang dikenal dengan Dekranasda mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan sinergi antara PT Bank Sumut dengan Pemerintah Kota Pematang Siantar. Sehingga pelaku UMKM di Kota Pematang Siantar dapat memperoleh bantuan melalui dana Corporate Social Responsibility atau CSR. Semoga kerja sama ini dapat berlangsung dan mendukung para UMKM," tukas Erizal.


Sebelumnya Pimpinan Cabang Koordinator Bank Sumut Pematang Siantar Suhardi Sembiring menyampaikan, bantuan CSR ini diberikan kepada Pemko Pematang Siantar, mengingat pemegang saham adalah Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kota, dan Kabupaten di Sumatera Utara. 


"Wujud dari kinerja ini menghasilkan pendapatan yang hasilnya kami berikan dalam bentuk CSR kepada Pemerintah Kota Pematang Siantar untuk tahun buku 2023, kinerja tahun 2022," ungkapnya.


Suhardi juga menyampaikan, PT Bank Sumut bisa tumbuh dan berkembang atas dukungan Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kota, dan Pemerintah Kabupaten di Sumut. Suhardi pun mengucapkan terima kasih kepada dr Susanti atas support yang diberikan.


"Kalau hari ini bisa kami berikan sebesar Rp juta, mudah-mudahan tahun depan bisa lebih besar lagi," ujarnya. 



(Gb-Alek03)