Notification

×

Iklan

Iklan

Ribuan Warga Kenegerian Sihotang Akan Demonstrasi Tutup TPL ke Kantor Bupati Samosir

3 Des 2023 | 19:43 WIB Last Updated 2023-12-03T13:12:45Z


GREENBERITA.com- Buntut peristiwa bencana Banjir Bandang di Empat desa di Kenegerian Sihotang pada 13 November 2023 lalu, ribuan massa dari warga Sihotang akan melakukan aksi demontrasi ke Kantor Bupati Samosir.


Aksi yang akan digelar pada pukul 09 Wib, Senin, 04 Desember 2023 akan dimulai dari Tugu Sihotang Desa Dolok Raja Kecamatan Harian Kabupaten Samosir.


Hal tersebut dibenarkan oleh Warga Sihotang yang dikenal kritis atas lingkungan, Sartono Sihotang ketika dikonfirmasi greenberita pada Minggu, 03 Desember 2023 melalui selulernya.


"Benar bang, kita akan melakukan aksi demonstrasi ke Kantor Bupati Samosir untuk minta Tutup TPL, ini merupakan aksi murni para korban Banjir Bandang yang menerjang warga Sihotang dan menimbulkan korban jiwa," ujar Sartono Sihotang.


Sementara itu, dari surat pemberitahuan kepada Polres Samosir yang diterima greenberita, tertulis pemberitahuan aksi penyampaian aspirasi ditandatangani oleh Marko Sihotang sebagai Koordinator dan Chandra Sihotang sebagai Ketua.


"Rencana Aksi ini dilakukan sebagai bentuk ekspresi kepedulian dan keprihatinan kami terhadap kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh banjir bandang dan penebangan pohon di Hutan Sitonggitonggi yang diduga dilakukan oleh TPL serta wujud protes terhadap dampak negatif yang dialami masyarakat Kenegerian Sihotang," ujar Ketua Aksi Chandra Sihotang.


Menurut rencana, jumlah peserta aksi direncanakan diikuti oleh 1000 orang dengan kendaraan roda enam dan roda empat 15 unit, roda dua 100 unit dengan rute Pelabuhan Pintu Batu lalu keliling Kota Pangururan lanjut ke Kantor Bupati Samosir.


"Kami berkomitmen menjaga ketertiban dan keamanan selama pelaksanaan aksi demonstrasi dan memastikan aksi berlangsung secara damai dan tertib," ujar Marko Sihotang sebagai Koordinator Aksi. (Gb-Ferndt01)


Saksikan juga pernyataan Warga Sihotang dan KSPPM tentang penebangan Hutan Tele di Tele oleh TPL: