Notification

×

Iklan

Iklan

Ritual Tortor Batak dan Tarian Suku Komoro Papua Hiasi Peresmian Taman Totem Dunia di Samosir

23 Nov 2023 | 20:38 WIB Last Updated 2023-11-23T13:53:25Z

Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom meresmikan Taman Totem Dunia di Waterfront City Pangururan Kabupaten Samosir (23/11)


GREENBERITA.com- Akhirnya 
Patung khas Suku Kamoro Timika Papua, yaitu Mbitoro dan Wemawe diresmikan Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom dan menghiasi Taman Totem Dunia yang berada di Waterfront City Pangururan di pesisir Danau Toba pada Kamis, 23 November 2023.

Ritual dan Tarian Khas Batak Tor tor dan Tarian Suku Komoro Timika Papua menghiasi Taman Totem Dunia yang merupakan refleksi dan niat rakyat Samosir untuk merajut keberagaman Indonesia dan dunia di keindahan Danau Toba Samosir.


Dimulai ketika beberapa bulan lalu, Frederikus Manakopearu yaitu pemegang adat Mbitoro mengiringi kedatangan dua totem raksasa berdiameter lebih dari 1 meter dengan tinggi lebih dari 7 meter dengan menempuh perjalanan laut dari Pelabuhan Tanjung Priok dan darat, total sekitar 5000 kilometer harus dilalui untuk tiba di Pangururan, ibu kota Samosir.


Dua totem raksasa ini diukir oleh 14 pengukir Kamoro itu akan melengkapi koleksi Taman Totem Dunia, salah satu segmen pada proyek penataan Waterfront City Pangururan yang dikembangkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan merupakan bagian dari pengembangan kawasan strategis pariwisata nasional Danau Toba.


Salah satu arsitek yang terlibat dalam proyek tersebut, Tony Sianipar menjelaskan, Waterfront City Pangururan memanjang hingga 1,5 kilometer. Selain Mbitoro dan Wemawe dari Timika, pada segmen Taman Totem Dunia diletakkan juga tiga patung khas Batak yang menyimbolkan Dalihan Na Tolu, pandangan hidup sekaligus relasi kekerabatan dalam komunitas masyarakat Batak di Samosir.


Turut hadir pada peresmian tersebut team tarian masyarakat Suku Komoro langsung dari Papua, Vice President Government Relations PT Freeport Indonesia Jonny Lingga, Wakil Bupati Samosir Martua Sitanggang, Kajari Samosir Andi Adikawira Putera SH, Wakapolres Samosir Kompol Saut Panggabean, para tetua adat Samosir dan Lembaga Adat Sitolu Hae Horbo dipimpin Ketuanya Ir Naris Sitanggang dan unsur Forkopimda Samosir.


Bagaimana tayangan lengkapnya, saksikan di YouTube GreenberitaTv Channel berikut ini,




(Gb-Ferndt01)