Notification

×

Iklan

Iklan

Usai Rebut Runner Up Nona Alor, Shalwaa Kia Kini Jadi Duta Maritim Indonesia 2023

10 Agu 2023 | 08:17 WIB Last Updated 2023-08-10T03:10:15Z

 

Shalwaa Kia, finalis Duta Maritim Indonesia 2023/foto : ist


GREENBERITA.com-Alor || Sudah cantik, berprestasi pula. Mungkin itu gambaran sosok Shalwaa Kia. Karena di usianya yang masih belia, segudang prestasi sudaj berhasil ditorehkannya.


Setelah sebelumnya dinobatkan sebagai salah satu anak muda dengan capaian luarbiasa, diusianya yang baru menginjak 17 tahun, siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Alor, Nusa Tenggara Timur itu berhasil menyandang gelar Runner Up 2 di ajang pemilihan Nyong dan Nona Alor pada malam puncak event tahunan Expo Alor XV dan Alor Carnaval VIII tahun lalu.


Tak sebatas prestasi di tingkat lokal. Berkas kegigihannya, kini Shalwaa Kia menorehkan prestasi di kancah nasional dengan menempatkan dirinya sebagai putri terbaik yang lolos seleksi Duta Maritim Indonesia.


Keputusan itu tertuang di dalam surat bernomor 078/A/s.k/SDMI/VII/2023 yang menyampaikan gadis rupawan ini dinyatakan sebagai finalis yang lolos ke tahap berikutnya dan berhak mendapatkan beasiswa Sekolah Duta Maritim Indonesia di Jakarta bersama dengan 100 peserta lainnya yang berasal dari berbagai kawasan kepulauan dan pesisir di seluruh Indonesia.


Pihak ASPEKSINDO, dalam surat tersebut menyampaikan bahwa para finalis akan dilibatkan dalam berbagai kegiatan HUT VI ASPEKSINDO dan kegiatan pendukung lainnya. Adapun biaya selama masa pendidikan berlangsung menjadi tanggungjawab ASPEKSINDO.


Atas torehan prestasi itu, Shalwaa Kia mengaku tidak pernah menyangka dapat terpilih diantara 600 lebih pendaftar. Sebagai generasi muda yang peduli pada isu-isu maritim dirinya merasa wajib untuk turut andil dalam menyuarakan pemeliharaan kelestarian ragam hayati laut dan ekosistem laut mengingat Alor memiliki destinasi wisata di Alor yang utamanya adalah laut.


"Jika laut terjaga maka mata pencaharian masyarakat pesisir pun berkelanjutan dan dengan demikian pariwisata pun akan mendapatkan dampak positif," ungkap Purna Paskibraka bernama lengkap Maulayya Shalwaa AlFajry Kia ini. (Aa)