Notification

×

Iklan

Iklan

Indahnya Perayaan HUT ke-78 Kemerdekaan RI, Kuatkan Persatuan di Siantar Martoba

18 Agu 2023 | 12:09 WIB Last Updated 2023-08-21T11:48:05Z

Geliat Perayaan HUT ke-78 Kemerdekaan RI Eratkan Persatuan di Siantar Martoba

GREENBERITA.com- Republik Indonesia (RI) sebagai negara yang harmonis dalam keragaman budayanya, tampak berhasil dipertegas dalam keseluruhan perayaan HUT ke-78 Kemerdekaan RI yang digelar di Kecamatan Siantar Martoba, Kota Pematang Siantar, Kamis (17/08/2023). 


Semua tingkat pemerintahan bahkan RT/RW ikut andil menggelar perayaan dan perlombaan. Kesemuanya, terlihat jelas dibingkai dalam rasa penghormatan atas keberagaman. 


Di Kelurahan Tanjung Pinggir, misalnya, para pelajar dari masing-masing Sekolah Dasar (SD) dengan anggun menyuguhkan tarian tradisional dari berbagai suku usai upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI, di Lapangan Sepakbola Tanjung Pinggir. .


Generasi belia ini menari dengan sangat ceria, dalam balutan pakaian tradisional dari masing-masing suku.

dr.Susanti Dewayani.Sp.A Walikota Pematang Siantar

Wajah Danramil Kapten Arm Muslimin Sijabat, yang sebelumnya bertindak sebagai inspektur upacara, dan masyarakat yang hadir, tampak bahagia dengan suguhan tarian ini. Dan hampir seluruh mereka ikut mengabadikan indahnya momen kebangsaan ini ke dalam gawai mereka. 


"Perayaan tahun ini memang kita harapkan membangkitkan nilai-nilai kebangsaan yang selama ini sudah terpendam selama Covid 19, jadi (luapan rasa persatuan itu) tumbuhlah di sini. Cukup kekeluargaan, ya," ungkap Lurah Tanjung Pinggir, Saripuddin Sijabat.


Nafas persatuan, dan indahnya nusantara, juga tampak jelas pada atmosfir di tiap perlombaan yang digelar oleh masyarakat di banyak tempat. Banyak keceriaan, berbaur, saat menikmati tiap jenis perlombaan yang umumnya adalah jenis permainan rakyat seperti balap karung dan panjat pinang.


Tak cuma memendar keceriaan dan keakraban, hal menarik lain yang tertangkap dari sejumlah lokasi perlombaan ini adalah juga tingkat sportivitas yang telah menunjuk pada level kedewasaan yang sangat baik. Tidak hanya pada diri para peserta lomba, tiap panitia juga tampaknya telah memilik mental yang sangat baik sejak di tahap persiapan.


"Paling suka panjat pinang. Masih nungguin lah ini, belum mulai," tanggap Dewi, warga Jalan Rakoetta Sembiring, yang sebelumnya kerap tertawa lepas saat menonton balap karung pakai helm yang pesertanya adalah para bocah, di halaman depan pintu masuk ke komplek ruko pemandian Water Park.


Di Kota Pematang Siantar, Siantar Martoba memang merupakan wilayah yang terus bertumbuh signifikan belakangan ini. Banyak pembangunan, dan merupakan wilayah yang diincar investor. Dan suasana perayaan kemerdekaan ini memperlihatkan telah berhasilnya pembangunan di sektor sosial kemasyarakatan di wilayah ini. 

Dari mulai orang dewasa sampai anak bersukacita dalam perayaan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Siantar Martoba


"Saya bangga melihat semaraknya perayaan memperingati HUT Kemerdekaan RI dengan berbagai perlombaan ini. Saya bangga melihat masyarakat hingga saat ini masih mengingat jasa-jasa para Pahlawan Kemerdekaan," sebut Camat Siantar Martoba, Irfan, SE, M.Si.


"Di usia kemerdekaan yang sudah 78 tahun ini, kiranya NKRI bisa lebih maju lagi, bisa sejajar dengan negara-negara lain yang sudah makmur perekonomiannya. Terkhusus untuk Kota Pematang Siantar tercinta ini, kiranya apa yang masyarakat cita-citakan untuk kota ini bisa terwujud segera," tambah Irfan, yang beberapa kali terlihat turut memantau kegiatan perayaan di sejumlah lokasi. 


Di Perumahan Asido 4 , Jalan Medan Km 5,5 Kelurahan Sumber Jaya, kegiatan semarak Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 mendapat antusias dari masyarakat yang didominasi para pelajar di perumahan tersebut.


Panitia merangkai acara walaupun sederhana tapi tidak menghilangkan makna dari arti hari Kemerdekaan ini.


Dengan kostum didominasi merah dan putih, para warga di Perumahan ini mengikuti sejumlah perlombaan yang telah disiapkan oleh panitia. 


Ketua RT di perumahan Asido 4 Sangkot M Purba mewakili panitia menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak yang mendukung terselenggaranya kegiatan ini. " Tidak lupa juga terimakasih kepada Camat Siantar Martoba, Pak Irfan, Lurah Sumber Jaya Sofian Siregar, dan Aprial Rizaldi Ginting Tokoh Pemuda dan Pembina UMKM SMS


(GB-RizalDM)