Notification

×

Iklan

Iklan

Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting, Perwakilan BKKBN Sumut: Stunting di Samosir Tinggi, Turunnya Rendah

28 Jul 2023 | 12:46 WIB Last Updated 2023-07-28T14:01:32Z
Kepala Perwakilan BKKBN Sumatera Utara Dr Munsrwan Ibrahim, S.Kp, MPH 


GREENBERITA.com- Penurunan Stunting di Kabupaten Samosir masih rendah dan secara persentase angka tersebut masih dianggap sangat tinggi di Sumatera Utara.


Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kepala Perwakilan BKKBN Sumatera Utara Dr Munawar Ibrahim, S.Kp, MPH pada kegiatan Forum Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Samosir pada Jumat, 28 Juli 2023 di Hotel JTS Samosir.


"Untuk Kabupaten Samosir pada tahun 2021, angka prevalessi stunting 28,4 % menjadi 26,3 % dan pada tahun2022. Penurunannya masih dibawah 3 %, yaitu 2,5 %, kalau kita melihat rencana target penurunan stunting Kabupaten Samosir seharusnya kita menurunkan angka prevalensi stunting menjadi 25,02 % pada tahun tahun 2022 dan 21,14 pada tahun 2023. Kita melihat angka ini masih cukup tinggi dibandingkan rata rata angka prevalensi stunting Sumatera Utara," jelas Dr Munawar Ibrahim.


Pada kegiatan yang dibuka resmi oleh Wakil Bupati Samosir Martua Sitanggang ini, Dr Munsrwan Ibrahim mengatakan perlu upaya bersama dan tidak berhenti dalam pencegahan dan penanganan Stunting.


" Kita tidak berhenti sampai disini, semangat dalam pencegahan dan penanganan Stunting ini harus terus kita kawal dan jaga untuk dapat meraih target angka prevalensi Stunting tingkat Sumatera Utara menjadi 18 persen tahun 2023," tegas Dr Munawar Ibrahim.


Dijelaskannya, Stunting merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas sumber manusia unggul.


"Percepatan penurunan Stunting dimulai saat prakonsepsi sampai 1000 hari pertama kehidupan dan berdasarkan survei status gizi Indonesia tahun 2022, angka prevalensi Stunting di Sumut berhasil turun 4,7 persen menjadi 21,1 persen dari sebelumnya 25,8 persen di tahun 2021," tegas nya.


Hadir pada kegiatan Forum Koordinasi percepatan penurunan Stunting di Samosir adalah Wakil Bupati Samosir Martua Sitanggang, Kadis Kesehatan Dina Hutapea, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta BKKBN Samosir, dr Friska Situmorang, Kabid Kominfo Togarma Naibaho serta beberapa camat se-kabupaten Samosir.


Serta Kasat Binmas Polres Samosir Iptu Hasudungan Rajagukguk, Pabung Kodim di Samosir, Kapten G Sebayang dan beberapa dinas lainnya.


(Gb-Ferndt01)