Notification

×

Iklan

Iklan

KBI DIY Raih 3 Medali di Hari Ke Tiga Ajang Fornas 2023

5 Jul 2023 | 21:06 WIB Last Updated 2023-07-05T14:09:36Z

KBI DIY Raih  3 Medali di Hari Ke Tiga Ajang Fornas 2023

GREENBERITA.com -  Kontingen Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) DI Yogyakarta berhasil mengemas tiga medali emas, lima perak dan empat perunggu pada hari keempat Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (Fornas) VII.


Pada ajang yang digelar di Jawa Barat itu, tiga medali emas DIY berasal dari Indonesia Airsoft Association (Inassoc), Persatuan Olahraga Pernapasan Indonesia (Porpi) dan Ikatan Langkah Dansa Indonesia (ILDI).


Ketua Umum (Ketum) KORMI DIY, Arif Noor Hartanto, mengatakan perolehan medali emas sampai saat ini merupakan penyemangat bagi seluruh wakil DIY untuk bisa meraih hasil lebih maksimal.


"Sejak awal kemarin, rekan-rekan pegiat di semua Inorga sangat bersemangat untuk berlomba membawa nama baik DIY. Dan Alhamdulillah di hari pertama kemarin sukses meraih tiga medali emas, semoga ini menjadi awal untuk medali-medali selanjutnya," kata Arif, Rabu (5/7/2023).


Adapun perolehan medali kontingen DIY kemarin terdiri dari, Inassoc dengan merebut 1 medali emas, dan 1 perunggu, Porpi yang meraih 1 medali emas kemudian ILDI dengan 1 medali emas. 


Kemudian, Kebugaran Lansia Pra-Lansia Indonesia (KLPI) merebut 1 perak dan 1 perunggu, Indonesia Drum Corps Association (IDCA) dengan 2 medali perak, Senam Tera Indonesia (STI) dengan 1 medali perak dan Komunitas BEPers Indonesia (KBI) yang meraih 1 medali perak dan 2 perunggu.


Dengan perolehan ini, pria yang akrab disapa Inung semakin optimistis tim DIY bakal mampu menambah pundi-pundi medali hingga gelaran berakhir.


"Semangat dari rekan-rekan pegiat dari semua Inorga ini luar biasa. Dari tiga medali emas yang kami raih kemarin, dua diantaranya datang dari pegiat yang berangkat ke Fornas ini dengan biaya mandiri. Ini jelas menjadi bukti keseriusan rekan-rekan pegiat saat tampil di Fornas ini," jelas dia


KBI merupakan olahraga senam olah nafas dan olah gerak dengan tujuan untuk penyembuhan diri.


Dalam ajang itu tim KBI DIY berkekuatan 21 personel dan ini memasang target bisa membawa pulang 6 medali emas.


"Olahraga ini adalah olahraga senam. Kemudian BEPers sendiri merupakan kepanjangan dari Bio Energi Power (BEP) dan orang-orang yang ikut dalam kegiatan senam ini disebut BEPers," Pelatih KBI DIY, Harfan Muzannif.


Sejak Induk Organisasi (Inorga) KBI ini bergabung jadi anggota KORMI DIY 26 Oktober 2018 silam, mereka memang rutin berpartisipasi dalam semua kegiatan yang dilaksanakan dan diikuti KORMI DIY.


Sejak Induk Organisasi (Inorga) KBI ini bergabung jadi anggota KORMI DIY 26 Oktober 2018 silam, mereka memang rutin berpartisipasi dalam semua kegiatan yang dilaksanakan dan diikuti KORMI DIY. 


Salah satunya adalah ambil bagian dalam ajang Fornas yang merupakan pesta olahraga rekreasi masyarakat di Indonesia.


"Kami sudah terbentuk dan ditetapkan oleh Gubernur DIY. Kemudian kami jadi anggota KORMI DIY sejak tahun 2018, sebelum Fornas V di Samarinda Kaltim," ungkapnya.


Selama menjadi bagian KORMI DIY dan tampil di sejumlah kegiatan termasuk Fornas, pembinaan Inorga dan capaian prestasi KBI DIY tergolong membanggakan.

Misalnya pada  Fornas VI di Palembang lalu, mereka sukses menyabet total tiga keping medali yang terdiri dari satu medali emas, satu medali perak, dan satu medali perunggu.


Bermodal capaian prestasi di ajang Fornas VI Palembang tersebut, KBI DIY bertekad untuk bisa meraih hasil lebih maksimal di ajang Fornas VII Jawa Barat tahun ini


Dengan mengirimkan total 21 personel yang terdiri dari 10 pegiat, satu pelatih, satu ofisial, dua juri, dan tujuh suporter ini, KBI mencanangkan target membawa pulang enam medali. 


"21 pegiat ini terbagi menjadi 6 personel yang dibiayai oleh APBD dan 15 personil lainnya berangkat secara mandiri. Dengan jumlah ini, kami targetkan total bisa merebut 6 medali," jelas dia.


Dalam persiapannya kemarin, KBI DIY latihan rutin empat kali dalam sepekan.

(GB-RizalDM)