Notification

×

Iklan

Iklan

Wagubsu Musa Rajekshah bersama KSBN Sumut Gelar Halal Bihalal Idul Fitri 1444 H

30 Apr 2023 | 20:17 WIB Last Updated 2023-04-30T14:06:22Z

Wagubsu Musa Rajekshah menjamu dan gelar Halal Bihalal Idul Fitri 1444 Hijriah bersama Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Sumut


GREENBERITA.com- Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah menjamu serta menggelar Halal Bihalal Idul Fitri 1444 Hijriah bersama Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Sumut di Rumah Dinas Wagub Sumut di Jalan Tengku Daud, Medan, Sabtu 29 April 2023.


Tampak hadir Ketua DPW KSBN Sumut  Ir H Soekirman, Sekretaris R Manurung, Wakil Theresia Esti Kirana, Wakil Ketua Bidang Promosi Pariwisata, Ria Gurning, Agus Sosilo (Bidang Tradisi Lisan), Ari (Bidang Hukum), Mahyu Daniel (Bidang Istiadat), anggota Juhendri Chaniago, dan Guntoro serta anggota pengurus lainnya.


Dalam laporannya, Ketua DPW KSBN Sumut Ir H Soekirman menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah kepada Wagubsu beserta seluruh keluarga dari seluruh unsur pengurus.


"Sebagai laporan kami kepada Bapak Ketua Dewan Pembina KSBN Sumut, selama bulan puas lalu KSBN Sumut melakukan acara buka ibadah puasa 2 kali dan salah satunya bersama 61 orang pengurus sekaligus membahas UU nomor 11/2010 tentang pelestarian cagar budaya dengan menampilkan dua narasumber Profesor Rita serta saya sendiri," ujar Ir H Soekirman.

Ketua DPW KSBN Sumut, Ir H Soekirman 


KSBN Sumut juga telah menandatangani MoU dengan Badan Geopark Unesco Kaldera Toba di Hotel Pora-pora Parapat terkait penggalian budaya di 16 Geosite Geopark Toba pada 17 April 2023 lalu.


"Selama bulan puasa beberapa pengurus mengikuti beberapa undangan ke KSBN pusat tentang kajian budaya serta undangan di galeri Rahmad Shah Medan, serta KSBN Sumut juga terlibat sebagai juri lomba berbalas pantun Melayu di Medan," jelas Soekirman.


Personil dari pengurus KSBN Sumut secara pribadi saat ini juga terlibat dalam pembuatan film layar lebar yang di motori budayawan dan sutradara Susilo dengan lokasi syuting di Kuala Namu sampai ke Tanah Karo serta Tanah Simalem.


"Demikian kami laporkan Pak Wagub, walaupun saat ini kegiatan kegiatan KSBN belum punya pendanaan resmi, tapi kita tetap melakukan kegiatan lainnya dengan semangat," tegas Eks Bupati Serdang Bedagai ini.


Sementara itu, Wagubsu Musa Rajekshah menyambut semua kegiatan yang dilakukan oleh pengurus KSBN Sumut dan berjanji akan terus mendukungnya.


"Saya apresiasi Ketua KSBN Sumut dan pengurus, walaupun dengan anggaran yang tertatih tatih tapi terus semangat melakukan kegiatan kebudayaan di Sumatera Utara ini," ujar Wagub Sumut yang biasa disapa Ijeck ini.

Wagubsu/ Ketua Dewan Pembina KSBN Sumut Musa Rajekshah 


Dirinya mengaku sebagai Ketua Dewan Pembina KSBN Sumut akan terus mendukung walaupun saat ini tanpa dukungan pendanaan dari pemerintahan.


"Saya teringat bahwa pada janji kampanye kami di awal Era Mas dulu, banyak kawan kawan para seniman dan budayawan yang bergabung dan bantu kita serta berharap besar pemerintah saat ini dapat memberikan sarana dan prasarana serta ruang tempat menampilkan kreasi dan potensi mereka," jelas Musa Rajekshah.


Dirinya yakin dengan niat semangat kebersamaan yang baik untuk pertumbuhan kebudayaan oleh para seniman dan budayawan Sumatera Utara, semuanya pasti dapat berjalan.


"Kita tidak boleh terus berpangku tangan dengan bantuan pemerintah, kita harus tetap jalan, pasti akan ada jalan lain ditunjukkan Nya kepada kita, apa yang bisa saya bantu akan saya bantu, karena tugas pemerintah harus menjaga perkembangan kebudayaan Sumatera Utara, semangat ini harus tetap kita jaga dengan saling berkomunikasi satu sama lain," terangnya.


KSBN diharapkannya terus melakukan pengembangan kebudayaan serta menggalinya dan menampilkannya pada tingkat Indonesia sampai tingkat Internasional guna mengharumkan nama Sumatera Utara.


(Gb-Ferndt01)