Notification

×

Iklan

Iklan

Wagubsu Ijeck Resmikan GOR di Samosir, Bupati: Yang Didamkan Masyarakat Terkabul

29 Mar 2023 | 17:33 WIB Last Updated 2023-03-29T10:52:24Z




GREENBERITA.com- Wakil Gubernur Sumatera Utara H. Musa Rajekshah didampingi Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom meresmikan Gedung Olahraga Kabupaten Samosir di Desa Hutanamora-Pangururan, pada Rabu (29/03/2023).


Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan  pengguntingan pita oleh Wagubsu yang biasa disapa Ijeck ini bersama Bupati Samosir Vandiko Gultom.


Kehadiran Wagubsu dan rombongan disambut tarian Batak bersama tokoh masyarakat Desa Hutanamora. Bahkan Wagubsu didaulat untuk menerima penghargaan dari tokoh masyarakat Desa Hutanamora berupa ulos khas Batak.


Wagubsu H. Musa Rajekshah mengatakan bahwa apa yang diresmikan hari ini adalah kehendak Tuhan, wujud dari amanah sebagai pemegang jabatan. 


"Dengan adanya Gedung Olahraga di Kabupaten Samosir, saya berharap Kabupaten Samosir melahirkan atlit berprestasi yang mampu membawa nama Samosir, Provinsi bahkan Indonesia terlebih pada PON 2024, sehingga pada bulan September 2024, Sumut akan menjadi tuan rumah PON, saya harap Samosir punya atlet yang berprestasi untuk membawa nama Sumut, berprestasi membawa medali emas bagi Sumut" kata Wagubsu yang biasa disapa Ijeck ini.


Selain untuk olahraga, GOR dapat digunakan serbaguna, untuk itu pemerintah dan masyarakat diharapkan dapat merawat betul bangunan GOR ini. 


"Pembangunan GOR merupakan bentuk perhatian dan dukungan Pemprovsu kepada Pemkab Samosir sebagai daerah pariwisata. Menjual Pariwisata dengan keindahan alam juga dengan memperbanyak event termasuk olahraga (sport tourism). Luar biasa Pemerintah Kabupaten Samosir dan masyarakat Samosir, dapat membangun fasilitas diatas tanah pemberian masyarakat," tegasnya lagi.


Musa Rajekshah berjanji akan membantu membawa berbagai event lain ke Samosir dan Danau Toba, seperti kejuaraan dunia Rally Asia Pasifik dan Motor cross.


Kekaguman Ijeck semakin bertambah ketika mendengarkan dengan Mars kabupaten Samosir. 


"Bait per bait luar biasa, gambaran begitu sayangnya kita dengan samosir, tidak ada ciptaan seindah Danau Toba, kalian harus bangga lahir ditanah Samosir. Danau Air Tawar terbesar adalah Danau Toba, Saya suka dengan Samosir dengan alam Danau Toba" puji Ijeck.


Dalam kesempatan ini, Wagubsu mengajak legislatif dan eksekutif Kabupaten Samosir untuk bersatu, bersinergi, akur membangun Kabupaten Samosir. 


"Menjalankan amanah sebagai bagian dari rakyat, jabatan kita ada waktunya berakhir, mari kita berbuat yang terbaik, memberi sumbangsih untuk kesejahteraan masyarakat. Keterbatasan anggaran tidak menjadi alasan tidak membangun, namun perlu diketahui bahwa Provinsi juga mempunyai keterbatasan anggaran termasuk Kabupaten Samosir, Mudah-mudahan apa yang diusulkan Pemkab Samosir dapat kami perjuangkan di Provinsi," tutup Ijeck mengakhiri sambutannya. 

Bupati Samosir Vandiko Gultom ucapkan terima kasih kepada Wagubsu atas bantuan pembangunan GOR milik Pemkab Samosir. 


Sementara itu, Bupati Samosir Vandiko Gultom mengucapkan terima kasih kepada Wagubsu atas bantuan pembangunan dan kehadiran untuk meresmikan GOR milik Pemkab Samosir. 


"Kami bersama masyarakat patut bersyukur, apa yang diidam-idamkan masyarakat dapat berdiri megah, atas nama Pemkab Samosir mengucapkan terima kasih atas kehadiran Wagubsu untuk meresmikan GOR kebanggaan Kabupaten Samosir " ucap Vandiko mengawali Sambutannya. 


Disampaikan, pembangunan  GOR Kabupaten Samosir bersumber dari APBD Propinsi Sumatera Utara berkat dukungan dan perhatian Wakil Gubernur Sumut atas usulan yang diberikan Pemkab Samosir. 


Bupati Samosir menuturkan, usulan Pembangunan sudah sejak lama, awalnya akan dibangun pemerintah pusat namun batal. Didasari semangat  dan kerinduan masyarakat, Bupati Samosir kembali menyampaikan usulan secara langsung kepada  Wagub dan akhirnya terealisasi sebesar 8,8 M dari awal 15 M usulan Pemkab Samosir. 


"Untuk kelanjutan penataan, kami memohon bantuan dan perhatian Wagub dalam pembenahan kelengkapan GOR serta sarana prasarana pendukung lainnya sehingga GOR Kabupaten Samosir dapat digunakan seluruh cabang olahraga yang ada di Kabupaten Samosir secara maksimal," terang Vandiko Gultom.


Dengan berdirinya bangunan gedung olahraga, Vandiko Gultom berharap penggiat dan pelaku olahraga di Kabupaten Samosir dapat kembali bergairah dan menghasilkan atlit yang dapat membanggakan Samosir, Provinsi dan Indonesia. 


Diakuinya, bahwa selama ini, banyak atlit yang berprestasi di Kabupaten Samosir, namun akibat tidak adanya sarana prasarana banyak atlit yang membawakan dan berkiprah membawa daerah lain. Mulai saat ini  akan melakukan pembinaan secara bertahap dengan memanfaatkan sarana ini.


"Ketika sarpras sudah lengkap maka kita akan dapat bicara tentang kualitas atlit. Setelah ini, mari kita lakukan pembinaan, konsen cabang olahraga yang bisa dibina secara bertahap" ungkap Vandiko.


Tak luput, Bupati Samosir mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar Sihombing dan Manullang yang sudah menghibahkan tanah kepada Pemkab Samosir tanpa ganti rugi. "Patut menjadi contoh yang baik bagi masyarakat Kabupaten Samosir. Mendukung dan meminta pembangunan dengan membebaskan lahan. Masyarakat dan pemerintah harus bersinergi dengan baik" kata Bupati Samosir


Selanjutnya Bupati Samosir menyerahkan Proposal tambahan untuk pembenahan  areal GOR, Pembangunan jalan, air bersih dan kelengkapan sarana prasarana kepada Wagub. 


Forkopimda Kabupaten Samosir diwakili Ketua DPRD Samosir, Sorta E. Siahaan meminta perhatian Wagubsu dalam berbagai  usulan pembangunan yang disampaikan Pemkab Samosir. Selama ini banyak pembangunan yang terkendala akibat lahan dan saat ini sudah ada lahan yang sedemikian luas, mari kita bangun dan hargai pemberian masyarakat, kata Sorta. 


Sorta Mengajak legislatif dan eksekutif  bekerjasama membangun Kabupaten Samosir untuk kesejahteraan masyarakat. 

"Mari bekerjasama dan jangan jadi penghalang pembangunan di Kabupaten Samosir" ajak Sorta Siahaan.


Hal yang sama disampaikan masyarakat Desa Hutanamora melalui keluarga pemberi lahan, Tahi Sumurung Sihombing meminta Pemkab Samosir, Wagubsu serta Forkopimda memberikan perhatian pembangunan jalan menuju GOR dan air bersih sehingga bangunan dapat membawa suka cita bagi Desa Hutanamora dan Samosir.   


Tokoh adat, lembaga adat, FKTM diwakili Bius siualu tali Ojak Malau mengaku bangga dengan pembangunan GOR, dan berharap bangunan menjadi penyemangat dan bisa menjadikan perkembangan di Samosir.  


"Dan kedatangan bapak Wagub menjadi suka cita bagi masyarakat  Desa Hutanamora dengan harapan perhatian Pembangunan kedepan," ujar Ojak Malau.


Turut Hadir, Ketua DPRD Samosir Sorta E. Siahaan, Wakil Ketua DPRD Samosir, Pantas M. Sinaga, Danramil Pangururan, Sugino, Kasi Intel Kejari Samosir, Richard Simare-mare, Wakapolres Samosir Saut Tulus Panggabean, Pj. Sekda Waston Simbolon, Staf Ahli Bupati, Asisten I, Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kab. Samosir Jhonson Gultom, Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang, pimpinan OPD lainnya, tokoh agama, masyarakat dan tokoh masyarakat Desa Hutanamora serta masyarakat yang menyerahkan lahan kepada Pemkab Samosir.


(Gb-Ferndt01)